BEAUTY
Kesadaran Pria akan Perawatan Diri Mendorong Pertumbuhan Pasar Perawatan Metroseksual
A. Firdaus
Jumat 05 September 2025 / 11:13
Jakarta: Para pria kini semakin sadar untuk menghargai diri sendiri dengan melakukan perawatan dan memilih produk perawatan berkualitas namun tetap praktis. Terlebih kulit mereka sangat berbeda dengan wanita, sehingga produk yang dibutuhkan lebih ekstra.
Penelitian yang dilansir National Library of Medicine menyebutkan, kulit pria lebih tebal 20% hingga 30% dibandingkan dengan Wanita. Karena itu, pria memiliki sebum yang lebih tinggi seiring dengan kadar tetosteron yang juga lebih tinggi. Ini membuat pori-pori membesar, kulit lebih berminyak, dan lebih rentan jerawat serta komedo.
Selain itu, pria umumnya melakukan aktivitas bercukur yang bisa menyebabkan iritasi, luka mikro, dan rambut tumbuh ke dalam (ingrown hairs). Kulit pria juga disebut memiliki permeabilitas air (TEWL) lebih besar sehingga lebih mudah dehidrasi.
Baca juga: Bagaimana Urutan Skincare Pria yang Benar?
Itu sebabnya, pria membutuhkan perawatan dengan produk khusus agar kulit lebih sehat dan terawat, antara lain perlu produk yang bisa membersihkan pori-pori dan sebum untuk mencegah jerawat dan komedo.
Perlu pula produk untuk melindungi dan polusi dan sinar UV, produk yang mampu menghidrasi dan menjaga keseimbangan, meredakan efek bercukur, dan masih banyak lagi.
Kian tumbuhnya kesadaran pria terhadap kebutuhan perawatan diri mendorong pula pertumbuhan pasar perawatan metroseksual. Layanan riset pasar dunia Mobilityforesights, menyebutkan total nilai pasar perawatan pria di Indonesia pada 2023 mencapai USD882,1 juta, dan diproyeksikan meningkat menjadi USD1,338,7 juta pada 2029, dengan CAGR sekitar 7,2 % dari 2024–2029.
Dilansir dari imarcgroup, firma konsultan manajemen global, di Asia Pasifik, pasar grooming pria diperkirakan mencapai USD14,88 miliar pada 2024, dengan proyeksi tumbuh menjadi USD24,09 miliar pada 2033 (CAGR ~5,2 %). Pertumbuhan ini didorong oleh urbanisasi, pendapatan meningkat, media sosial, dan kultur metrosexual yang makin umum di kalangan pria Asia.
Pria kini lebih peduli dengan penampilan mereka, dipengaruhi oleh semakin maraknya influencer kecantikan pria dan selebritas yang mendukung rutinitas perawatan. Perubahan persepsi ini telah memperluas daya tarik produk perawatan seperti perawatan kulit, rambut, dan lain-lain.
Seiring dengan meningkatnya minat kaum pria terhadap praktik perawatan diri, pasar pun semakin beragam, dengan lini produk baru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka.
"Berbagai penelitian pasar menunjukkan, pria lebih cenderung memilih produk yang efektif dan sederhana, seperti gel cepat serap dan formula all-in-one," ujar Melfiana, Brand Manager Nerman PT Gloria Origita Cosmetics.
"Menyadari kebutuhan kaum metroseksual yang kian besar, Nerman, merek perawatan pria yang sukses di Vietnam telah melebarkan sayap ke Filipina, dan kini hadir di Indonesia," sambungnya.
Nerman dikenal dengan pendekatan All-in-One dalam produknya, seperti sabun mandi yang juga berfungsi sebagai sampo, serta produk perawatan tubuh lainnya. Di Indonesia, Nerman akan mengawali dengan empat produk:
1. Nerman Hair & Body 4in1 Wash
2. Nerman Gentlement 3in1 Wash
3. Nerman Elegant Men Intimate Wash
4. Nerman All in 1 Cleanser for Men
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Penelitian yang dilansir National Library of Medicine menyebutkan, kulit pria lebih tebal 20% hingga 30% dibandingkan dengan Wanita. Karena itu, pria memiliki sebum yang lebih tinggi seiring dengan kadar tetosteron yang juga lebih tinggi. Ini membuat pori-pori membesar, kulit lebih berminyak, dan lebih rentan jerawat serta komedo.
Selain itu, pria umumnya melakukan aktivitas bercukur yang bisa menyebabkan iritasi, luka mikro, dan rambut tumbuh ke dalam (ingrown hairs). Kulit pria juga disebut memiliki permeabilitas air (TEWL) lebih besar sehingga lebih mudah dehidrasi.
Baca juga: Bagaimana Urutan Skincare Pria yang Benar?
Itu sebabnya, pria membutuhkan perawatan dengan produk khusus agar kulit lebih sehat dan terawat, antara lain perlu produk yang bisa membersihkan pori-pori dan sebum untuk mencegah jerawat dan komedo.
Perlu pula produk untuk melindungi dan polusi dan sinar UV, produk yang mampu menghidrasi dan menjaga keseimbangan, meredakan efek bercukur, dan masih banyak lagi.
Pasar metroseksual
Kian tumbuhnya kesadaran pria terhadap kebutuhan perawatan diri mendorong pula pertumbuhan pasar perawatan metroseksual. Layanan riset pasar dunia Mobilityforesights, menyebutkan total nilai pasar perawatan pria di Indonesia pada 2023 mencapai USD882,1 juta, dan diproyeksikan meningkat menjadi USD1,338,7 juta pada 2029, dengan CAGR sekitar 7,2 % dari 2024–2029.
Dilansir dari imarcgroup, firma konsultan manajemen global, di Asia Pasifik, pasar grooming pria diperkirakan mencapai USD14,88 miliar pada 2024, dengan proyeksi tumbuh menjadi USD24,09 miliar pada 2033 (CAGR ~5,2 %). Pertumbuhan ini didorong oleh urbanisasi, pendapatan meningkat, media sosial, dan kultur metrosexual yang makin umum di kalangan pria Asia.
Pria kini lebih peduli dengan penampilan mereka, dipengaruhi oleh semakin maraknya influencer kecantikan pria dan selebritas yang mendukung rutinitas perawatan. Perubahan persepsi ini telah memperluas daya tarik produk perawatan seperti perawatan kulit, rambut, dan lain-lain.
Seiring dengan meningkatnya minat kaum pria terhadap praktik perawatan diri, pasar pun semakin beragam, dengan lini produk baru yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Produk yang efektif dan sederhana
"Berbagai penelitian pasar menunjukkan, pria lebih cenderung memilih produk yang efektif dan sederhana, seperti gel cepat serap dan formula all-in-one," ujar Melfiana, Brand Manager Nerman PT Gloria Origita Cosmetics.
"Menyadari kebutuhan kaum metroseksual yang kian besar, Nerman, merek perawatan pria yang sukses di Vietnam telah melebarkan sayap ke Filipina, dan kini hadir di Indonesia," sambungnya.
Nerman dikenal dengan pendekatan All-in-One dalam produknya, seperti sabun mandi yang juga berfungsi sebagai sampo, serta produk perawatan tubuh lainnya. Di Indonesia, Nerman akan mengawali dengan empat produk:
1. Nerman Hair & Body 4in1 Wash
2. Nerman Gentlement 3in1 Wash
3. Nerman Elegant Men Intimate Wash
4. Nerman All in 1 Cleanser for Men
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)