BEAUTY

Jangan Sampai Kulitmu Keriput, Ini Kadar Ideal Mengomsumsi Kolagen

A. Firdaus
Sabtu 06 Agustus 2022 / 12:15
Jakarta: Kolagen memiliki peran penting untuk menjaga elastisitas kulit. Jika kolagen mengalami penurunan, maka kulitpun akan keriput.

Selain faktor gaya hidup, penurunan kolagen juga kerap menyerang perempuan lantaran perubahan hormonal akibat menopause. Dalam 4 sampai 5 tahun pertama menopause, sintesis kolagen dapat menurun hingga 30%. Sementara kadar ideal kolagen sekitar 25-30% dari semua protein yang ada dalam tubuhmu.

Berikut ini ada beberapa studi tentang penggunaan kolagen dan dampaknya, seperti dijabarkan dr. Yohan Samudra SpGK, AIFO-K saat Media Intimate bersama Nutriville:

- Studi pada 2014 terhadap 69 wanita berusia 35-55 tahun menemukan bahwa konsumsi 2,5 atau 5 gram kolagen setiap hari selama 8 minggu menunjukkan banyak peningkatan elastisitas kulit, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya.

- Studi pada 2019 dari 11 penelitian dengan total 805 pasien menggunakan kolagen hidrolisat, 2,5g-10g/hari, selama 8-24 minggu, untuk pengobatan ulkus dekubitus, xerosis, penuaan kulit, dan selulit. Dua penelitian lain menggunakan kolagen tripeptida, 3g/hari selama 4 hingga 12 minggu.

Suplemen kolagen oral tampak berefek dalam penyembuhan luka juga penuaan kulit dengan meningkatkan elastisitas kulit, hidrasi dan kepadatan kolagen kulit.

- Studi meta-analisis pada 2021 dengan total 1.125 peserta berusia antara 20 dan 70 tahun (95% wanita) menunjukkan suplementasi kolagen terhidrolisis meningkatkan hidrasi kulit, elastisitas, dan mengurangi kerutan selama konsumsi 90 hari.

"Dari beberapa penelitian di atas, kita seharusnya menyadari untuk mengonsumsi kolagen sejak remaja berusia 13-19 tahun dan dewasa. Terutama jika sering terpapar dengan faktor-faktor yang dapat memicu penurunan produksi kolagen," ujar dr. Yohan.

"Sebab, setelah usia 25 tahun, kulitmu cenderung kehilangan sekitar 1-1,5% dari simpanan kolagen alamimu setiap tahun dan semakin cepat setelah menopause," pungkasnya.

Sementara itu tidak ada panduan resmi terkait berapa banyak kolagen dikonsumsi setiap harinya. Secara studi umum, untuk memperbaiki kondisi kesehatan kulit dan rambut, dosis rekomendasi adalah 2,5 hingga 10 gram perhari, selama 8-12 minggu. Sedangkan saran dari FDA menyarankan agar kamu mengonsumsi kolagen sekitar 10-40 gram perhari selama 8-12 minggu.
(FIR)

MOST SEARCH