BEAUTY

Bahan Paling Populer dalam Perawatan Rambut, Ini Cara Pakai Minyak Kelapa yang Tepat

Medcom
Rabu 15 Juni 2022 / 07:00
Jakarta: Di beberapa daerah India, Afrika, dan Asia, minyak kelapa sangat umum digunakan sebagai produk perawatan rambut. Bahkan, seorang ahli kulit dan kecantikan, Michele Green, MD, mengatakan minyak kelapa memiliki manfaat untuk rambut karena meningkatkan pertumbuhan sel, sirkulasi dan sangat melembapkan kulit kepala. 

"Minyak kelapa dapat menembus rambut dan mengurangi kehilangan protein. Dengan begitu, dapat memperkuat rambut dan membuatnya tampak lebih tebal dan bervolume. Selain itu, sifat pelembap pada minyak kelapa membantu mengurangi kusut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau," tutur Green. 

Nah, untuk kamu yang ingin memulai perawatan rambut dengan minyak kelapa, Green menyebutkan lima cara tepat menggunakannya:


1. Minyak kelapa bisa dioleskan langsung ke rambut tanpa tambahan apa pun atau bisa juga mencampurnya dengan minyak zaitun. Jika kamu memilih yang terakhir, Green menyarankan untuk menambahkan empat sendok teh minyak zaitun ke setengah cangkir minyak kelapa.

2. Setelah itu, aplikasikan minyak kelapa pada rambut yang kering atau basah. Meskipun begitu, Green menyarankan untuk mengaplikasikannya saat rambut kering.

3. Minyak kelapa dapat menyebabkan jerawat pada orang yang rentan berjerawat. Untuk itu, Green merekomendasikan untuk menggunakan bando atau ikat kepala agar minyak kelapa tidak terkena wajah.

4. Kemudian, biarkan selama 20 – 30 menit. Namun, jika rambutmu sangat kering, Green menyarankan untuk membiarkannya selama satu jam atau dibiarkan semalaman.

5. Bilas rambut setelah menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan sisa-sisa minyak yang menempel. “Ulangi selama satu minggu sekali atau lebih sering jika rambutmu benar-benar kering,” saran Green.
(yyy)

MOST SEARCH