BEAUTY

DIY Bilasan Rambut dari Rosemary untuk Kulit Kepala yang Sehat dan Rambut Berkilau

Yuni Yuli Yanti
Selasa 11 Januari 2022 / 07:00
Jakarta: Masalah rambut seperti ketombe, kering, kulit kepala terkelupas, dan rambut rontok sangat umum dialami oleh kebanyakan orang. Selain menggunakan sampo, kondisioner, vitamin dan serum rambut, kamu masih perlu menambahkan satu langkah ekstra dalam perawatan rambut, seperti bilas rambut herbal

Bilas rambut bukanlah pengganti metode keramas yang telah kita lakukan selama bertahun-tahun. Dalam metode ini, yang kamu lakukan hanyalah membilas rambut dengan ramuan rambut herbal. Setelah keramas dengan sampo, bilas rambut dengan tonik rambut herbal dan biarkan rambutmu mengering.


(Kamu masih perlu menambahkan satu langkah ekstra dalam perawatan rambut, seperti bilas rambut herbal. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Mengutip dari HealthShots, Dr Nivedita Dadu, Dokter Kulit, Pendiri dan Ketua Klinik Dermatologi menyebutkan bahwa ramuan bilasan herbal dari rosemary memberikan beberapa manfaat yang baik untuk rambut, di antaranya:

1. Meningkatkan sirkulasi di kulit kepala dan merangsang folikel rambut untuk tumbuh lebih cepat. 

2. Membantu menenangkan kulit kepala yang meradang sambil membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. 

3. Rosemary menciptakan lingkungan yang ideal bagi rambut untuk tumbuh lebih cepat, atau untuk rambut baru mulai tumbuh kembali. 

4. Pembilasan rambut rosemary dapat membantu menggelapkan warna rambut dari waktu ke waktu jika digunakan secara teratur. Tingginya jumlah antioksidan dalam rosemary tidak hanya membantu menggelapkan rambut, tetapi juga merevitalisasi rambut. 


(Rosemary bermanfaat dalam merangsang folikel rambut untuk tumbuh lebih cepat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Cara membuat bilasan rambut dari rosemary

Tempatkan 6-8 ranting rosemary dalam toples kaca.Tambahkan air mendidih ke ranting rosemary dan biarkan ranting terendam seperti daun teh. Kemudian, setelah dingin, simpan dalam lemari es agar lebih awet. Setelah itu, bilasan rambut bisa kamu gunakan setelah keramas dengan sampo. Gunakan secara rutin untuk hasil terbaik. 
(yyy)

MOST SEARCH