BEAUTY

Wah! Daun Serupa Daging Steak Mampu Basmi Bakteri dan Kuman

Rosa Anggreati
Kamis 10 Desember 2020 / 18:30
Jakarta: Anda pernah mendengar tentang daun shiso merah? Jika belum, yuk kita mengenal lebih jauh mengenai daun shiso merah dan manfaatnya.

Di negara asalnya, Jepang, daun shiso merah biasa dimakan mentah seperti lalapan. Jika kita mengenal jus jeruk atau jus strawberry sebagai minuman segar, orang-orang Jepang biasa membuat jus daun shiso merah untuk menyegarkan diri saat musim panas. 

Daun shiso merah yang dikenal dengan julukan beefsteak plant memiliki tiga manfaat.


1. Untuk Pengobatan


Di Jepang, daun shiso merah  sejak ribuan tahun lalu dijadikan tanaman untuk pengobatan. Daun shiso merah kaya kandungan antioksidan, vitamin A, serat, dan berkalori rendah. Karena kandungannya itu daun shiso merah terbukti dapat mencegah kenaikan berat badan, menurunkan risiko penyakit liver, menurunkan risiko kanker, melegakan pernapasan, hingga mencegah alergi.

Dengan kandungan dan manfaatnya bagi kesehatan, daun shiso merah dapat membantu menjaga stamina dan imun tubuh agar tetap fit pada masa pandemi covid-19 ini.


2. Bahan Makanan


Selain mengandung banyak vitamin, daun shiso merah memiliki rasa yang segar dan lezat. Daun shiso merah umum dijadikan bahan untuk bumbu furikake, yakni bumbu yang ditabur di atas nasi atau dijadikan campuran onigiri. Selain itu, daun shiso merah juga bisa dikombinasikan dengan umezu untuk membuat beberapa jenis sushi, atau dijadikan pewarna umeboshi dan acar jahe. Saat musim panas, daun ini sering dijadikan jus yang manis karena warnanya yang merah cerah dan rasanya segar seperti daun mint.

Karena rasanya yang segar dan lezat, ditambah khasiatnya yang baik untuk kesehatan, Anda bisa menambahkan daun shiso merah pada makanan untuk membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh.


3. Antibakterial Alami 




Daun shiso merah juga dapat digunakan sebagai antibakteri  yang efektif membunuh kuman. Kandungan ceramide pada daun shiso merah menjadi pelembap alami bagi kulit.Tidak hanya itu, kandungan asam rosmarinic juga membuat daun ini baik untuk mencegah alergi dan inflamasi.

Untuk merasakan hebatnya manfaat daun shiso merah pada kulit, apalagi di tengah pandemi covid-19 kita membutuhkan perlindungan antibakteri, cobalah mandi dengan ZEN Antibacterial Body Wash. 

ZEN Antibacterial Body Wash bebas bahan kimia berbahaya seperti SLS dan paraben. Untuk diketahui, SLS (Sodium Laureth Sulfate) merupakan senyawa yang berfungsi menimbulkan buih atau busa pada produk perawatan tubuh. Misalnya, sabun, sampo, dan pasta gigi. SLS dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan mata, serta menyebabkan kulit kering.

Sementara,  paraben berfungsi sebagai antimikroba dan pengawet produk. Dampak penggunaan paraben dapat mengganggu hormon endokrin. Berdasarkan penelitian yang dirilis Journal of Applied Toxicology pada 2004, parabens berkaitan dengan tumor payudara dan kanker payudara.

ZEN Antibacterial Body Wash menggunakan daun shiso merah Jepang sebagai antibakteri alami sehingga aman bagi kulit sensitif. Untuk memaksimalkan manfaat daun shiso merah, ZEN mengombinasikannya dengan sandalwood, sea salt, dan sulphur yang memiliki khasiat hebatnya masing-masing dan terpercaya untuk perawatan kulit.

Bagaimana, Anda tertarik membuktikan sendiri manfaat daun shiso merah?
(ROS)

MOST SEARCH