BEAUTY

Mitos atau Fakta? Penggunaan Sunscreen Dilarang untuk Kulit Berjerawat

Medcom
Jumat 18 November 2022 / 17:10
Jakarta: Pernahkah kamu mendengar bahwa sunscreen tidak boleh dipakai saat wajah sedang berjerawat? Konon katanya pemakaian sunscreen pada kulit berjerawat akan memperparah kondisi wajah.

Lantas, apakah hal tersebut dibenarkan? Tentu saja tidak. Sinar UV dari matahari hanya akan membuat jerawat semakin berkobar. Energi panasnya juga bisa merusak dan mengiritasi kulit.

Selain melindungi kulit dari paparan radikal bebas penyebab jerawat, sunscreen juga bisa membantu kulitmu menghindari radang dan kemerahan. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan: paparan sinar matahari menggelapkan pigmentasi.

Bekas jerawat yang selama ini kamu coba hilangkan hanya akan bertambah parah jika dibiarkan menyerap sinar matahari tanpa lapisan sunscreen. Karena matahari mendorong produksi melanin dan bekas luka serta pigmentasi. Namun, kamu juga harus memilih jenis sunscreen yang pas untuk kulit wajahmu.
 

Sunscreen jenis apa yang terbaik untuk kulit berjerawat?


Menemukan formula sunscreen yang tepat untuk kulit berjerawat bisa menjadi tantangan. Dan memang benar bahwa jenis sunscreen yang salah bisa menyebabkan reaksi kimia pada kulit yang berujung pada munculnya lebih banyak jerawat.

Jika kamu cenderung berjerawat, sangat penting untuk menggunakan jenis sunscreen yang cocok dengan kondisi wajah. Sunscreen untuk kulit berjerawat harus:

- Ringan
- Lembut di kulit
- Tanpa pengharum
- Non-comedogenic

Kamu juga harus mencari sunscreen dengan kandungan bahan seperti: asam laktat, asam hialuronat, dan niacinamide. Terlepas dari jenis sunscreen yang kamu gunakan, kamu harus selalu menggunakan setidaknya SPF 30. Ini akan menghalangi 97% sinar UVB matahari.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH