BEAUTY

4 Bahan Aktif dalam Skincare untuk Mengatasi Puffy Eyes

Yuni Yuli Yanti
Kamis 15 September 2022 / 10:00
Jakarta: Mata bengkak (puffy eye) adalah pembengkakan ringan yang terjadi di area bawah mata. Kondisi ini umum terjadi karena seiring bertambahnya usia atau karena jaringan serta otot yang menopang kelopak mata mulai melemah. Selain itu, bisa juga karena lemak yang membantu menopang mata berpindah ke kelopak mata bagian bawah sehingga menyebabkannya tampak bengkak. 

Dr. Arini Astasari Widodo, SpKK (Dermatologist) mengatakan kulit di sekitar mata lebih tipis, lebih rapuh, memiliki jaringan yang lebih longgar, dan cenderung lebih sensitif dibandingkan area wajah lainnya. Area kulit bawah mata biasanya merupakan area yang cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus. 

"Aktivitas juga dapat membuat otot dan organ mata kita bekerja lebih keras sepanjang waktu. Makan terlalu banyak makanan tinggi garam pun dapat menyebabkan retensi air yang membuat area bawah mata tampak bengkak. Oleh karena itu, karena kulit di sekitar mata membutuhkan lebih banyak pelembap kamu perlu menggunakan skincare khusus area bawah mata untuk mengatasi puffy eyes," jelas dr. Arini.


(Dr. Arini, Rika Anggita dan Nayana Dharsono dalam acara Media Gathering Eye Serum Viral, L'oreal Paris, di Lucy in The Sky SCBD, Rabu, 14 September 2022. Foto: Dok. Istimewa)

Menurut dr. Arini, terdapat empat bahan aktif dalam skincare yang terbukti bisa mengatasi puffy eyes, yaitu:
 

1. Hyaluronic Acid 

Merupakan bahan yang dapat mempertahankan kelembapan dengan cara mengikat air di jaringan kulit untuk membuat kulit di bawah mata terasa lebih kenyal dan terhidrasi, sehingga dapat menyamarkan garis-garis halus di bawah area mata. Selain itu, humektan ini juga dapat menyamarkan kerutan dan menstimulasi produksi kolagen, sehingga kulit lebih lembap dan kenyal. 
 

2. Kafein

Merupakan bahan yang memiliki sifat mengecilkan pembuluh darah. Karena kandungan antioksidannya, kafein dapat membantu mengurangi risiko keriput dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kafein juga dapat mengurangi retensi air di area mata untuk mengurangi mata yang sembap. 
 

3. Niacinamide

Bahan aktif ini dapat memberikan efek melembapkan, mencerahkan, dan memperkuat skin barrier. Taka hanya itu, niacinamide juga bersifat anti-inflamasi sehingga dapat meredakan peradangan. 
 

4. Vitamin C

Merupakan bahan aktif yang juga wajib ada dalam skincare khusus area mata. Vitamin C memiliki sifat mencerahkan dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 
(yyy)

MOST SEARCH