BEAUTY

Ladies, Ini Kebiasaan yang Bikin Kulitmu Dehidrasi

Yuni Yuli Yanti
Senin 21 Maret 2022 / 08:00
Jakarta: Perubahan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini tidak hanya membuat sistem imun menurun sehingga membuatmu rentan terserang penyakit. Tapi, juga bisa menyebabkan kulit kering karena dehidrasi.   

Namun, jangan salahkan sepenuhnya pada cuaca! Ada tiga kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat menyebabkan kulit kering dan rusak karena kekurangan cairan lho!  

Berikut adalah tiga aktivitas yang dapat membuat kulitmu kehilangan air alaminya: 

 

1. Kurang minum air

Sudah jelas, kurangnya asupan air dalam tubuh pasti akan membuat kulit menjadi kering. Terutama di musim dingin. Perlu diingat, minum air dapat membantu menyehatkan tubuh dan mengembalikan kadar air alami setiap hari. Ini juga membantumu tetap sehat dan terhidrasi serta mengurangi stres karena kelelahan. Air adalah cara yang bagus untuk menjaga kulit tetap segar, sehat dan berkilau. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Terlalu lama mandi air hangat

Mandi air hangat terlalu lama bisa membuat kulitmu semakin kering lho! Air panas atau hangat bisa menghilangkan minyak alami kulit. Oleh sebab itu, pastikan jangan terlalu lama berendam atau menggunakan shower dengan air hangat. Sebaiknya, mandi dengan air dingin untuk memanjakan diri dengan lebih rileks. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Menggunakan sabun keras

Menggunakan sabun yang keras dapat merusak kulit. Sabun mungkin tampak tidak berbahaya dan cukup bersih, tetapi sabun adalah tempat berkembang biaknya bakteri. Bahan kimia yang keras dapat memengaruhi lapisan kulit. Sehingga, kulit jadi kekeringan dan iritasi yang dapat menyebabkan ruam. Ganti bahan sabun yang keras ke sabun alami atau gunakan sabun khusus badan dengan bahan gel sebagai gantinya.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)

MOST SEARCH