BEAUTY

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan, Ini Manfaat Masker Bunga Sepatu

Yuni Yuli Yanti
Senin 13 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Tak hanya bentuknya yang cantik, bunga sepatu ternyata juga dapat mencerahkan kulit lho! Tanaman tropis ini merupakan salah satu bahan yang paling efektif untuk menjaga kesehatan kulit, karena bunga ini berifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-penuaan. Jelas, ini adalah kandungan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. 

Melansir dari HealthShots, Dr. Navnit Haror, Pendiri dan Direktur Derma Miracle Clinic, mengatakan masker wajah adalah komponen penting dari setiap perawatan kulit. Mereka dapat membantu dalam detoksifikasi kulit, melembapkan, dan mengecilkan pori-pori. Namun, tidak semua masker wajah dibuat sama. Itu sebabnya Dr. Haror menyarankan untuk mencari masker wajah yang mengandung bunga sepatu untuk hasil terbaik.

"Hibiscus adalah antioksidan alami yang dapat membantu memerangi radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Selain itu, dapat membantu mengencangkan jaringan ikat, yang dapat mencegah kulit kendur. Ini juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah kekeringan dan garis-garis halus," jelas Dr. Haror.


(Bunga sepatu. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)


Lebih lanjut, Dr. Haror juga merekomendasikan masker bunga sepatu dan susu untuk mencegah penuaan dini. Kulit mulai menunjukkan gejala keausan seiring bertambahnya usia. Kerutan halus muncul, dan elastisitas kulit mulai menurun. 

Susu merupakan sumber alami protein, mineral, dan vitamin yang dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan mencegah penuaan dini. Ini juga mengandung asam laktat, yang mendorong pembentukan kolagen dan meningkatkan kekenyalan alami kulit. 

"Kombinasi susu, madu, dan bunga sepatu dapat melembapkan kulit Anda dan  melindunginya dari kerusakan oksidatif," kata Dr Haror.
 

Berikut cara membuat masker bunga sepatu

Campurkan dua sendok makan bubuk kembang sepatu, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan susu, aduk rata. Lalu, oleskan ke wajah dan leher. Biarkan mengering selama 20 menit sebelum mencucinya dengan air hangat.
(yyy)

MOST SEARCH