BEAUTY

Kurang Pede akibat Ketiak Gelap, Bisa Jadi Gaya Hidupmu yang Salah

Medcom
Rabu 02 November 2022 / 16:10
Jakarta: Beberapa orang merasa frustrasi ketika melihat ketiak mereka yang berubah warna menjadi gelap. Hal ini menyebabkan rasa malu dan dapat mengurangi kepercayaan diri. Bahkan ada yang sengaja menghindari mengenakan pakaian yang memperlihatkan bagian ketiak.

Mari menerima fakta, bahwa sebagian besar darimu mengalami masalah ketiak hitam. Sebagian di antara kamu ada yang sudah mencoba berbagai macam cara untuk mencerahkan, namun ketiak kembali menghitam setelahnya.

Jika kamu benar-benar ingin menyelesaikan masalah ini, kamu harus menemukan akar masalah terlebih dahulu. Biasanya, ketiak gelap berasal dari kebiasaan dan pilihan gaya hidupmu. Coba kita ulas satu persatu:
 

1. Pemakaian Deodoran


Seperti yang kita tahu, deodoran mengandung bahan kimia yang bisa saja merusak warna dan bahan pakaian. Bayangkan jika ketiakmu harus menggunakan deodoran kimia setiap hari, perubahan warna kulit pun bisa saja terjadi, bahkan iritasi.

Jika kamu pengguna deodoran, sebaiknya segera beralih pada deodoran berbahan natural, sehingga lebih aman digunakan pada kulit dan pakaian.
 

2. Mencukur


Menurut Women's Health, sesuatu yang sederhana seperti mencukur dapat menyebabkan ketiak tampak lebih gelap. Mencukur biasanya menghilangkan rambut tepat di bawah permukaan kulit.

Jika rambut lebih gelap dari kulitmu, maka ketiak mungkin tampak gelap. Mencukur berulang kali juga dapat memperburuk masalah ini. Gesekan dari bercukur secara berlebihan dapat menyebabkan peradangan sehingga kulit lebih tebal dan terlihat lebih gelap.
 

3. Penumpukan kulit mati


Terkadang sel mikroskopis dapat menumpuk tepat di bawah kulit. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada ketiak.

Sel-sel ekstra ini dapat disebabkan oleh tidak efektifnya mencuci area di bawah lenganmu. Eksfoliasi atau mencabut bulu dengan waxing juga dapat membantu menghilangkan sel kulit mati di area ini.
 

4. Kehamilan


Ini juga disebut hyperpigmentation. Terkadang kulitmu akan menjadi lebih gelap di area tertentu karena masalah produksi melanin. Perubahan pigmentasi juga bisa disebabkan oleh penyakit Addison. Ini adalah saat kelenjar adrenal kamu tidak menghasilkan cukup hormon penting. Pigmentasi yang berlebihan juga dapat terjadi selama masa kehamilan.
 

5. Pengobatan dan infeksi bakteri


Terlalu banyak insulin dapat menyebabkan kulit di bawah lenganmu menjadi gelap. Terkadang obat-obatan seperti kontrasepsi dapat membuat kulit di area ini juga lebih gelap. Diabetes, serta infeksi jamur, juga dapat menjadi penyebab masalah ini. Keringat berlebihan dapat menyebabkan infeksi bakteri yang menyebabkan ketiak menghitam.

Jika kalian sudah tahu masalah utama ketiak menghitam pada diri kamu, maka akan lebih cepat cara mengatasi masalah tersebut.

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH