BEAUTY

5 Mitos yang tak Perlu Kamu Percayai tentang Citra Tubuh

Kumara Anggita
Jumat 23 Oktober 2020 / 18:23
Jakarta: Pemahaman tentang citra tubuh terbangun sejak kita kecil dari bagaimana orang-orang di sekitar membicarakannya. Dalam hal ini, banyak mitos-mitos yang terselip, membuat kamu jadi salah melihat dirimu.

Apa saja ya kira-kira mitos tentang citra tubuh yang paling sering dipercayai orang? Berikut ulasan dilansir dari The Every Girl:
 

1. Ada makanan baik dan makanan yang buruk


Tentunya salad yang penuh dengan sayuran hijau, vitamin dan antioksidan akan menyehatkan tubuhmu lebih baik daripada sepiring kentang goreng. Namun, dengan melihat makanan tertentu sebagai makanan yang 'baik' dan 'buruk', kita menambahkan hubungan emosional dengan makanan.

Jangan berpikir bahwa makan satu potong pizza maka kamu sudah tidak sehat. Ini adalah persepsi buruk yang tak perlu dipertahankan.
 

2. Kelebihan berat badan artinya kamu tidak sehat


Linda Bacon dalam bukunya Every Size menyebutkan bahwa kamu harus menghilangkan pemikiran bahwa kelebihan berat badan berarti kamu secara inheren tidak sehat. Fokusnya harus diarahkan kembali, jangan berpikir bahwa tujuan kita untuk kurus. Kamu harus berpikir bahwa yang utama adalah memiliki badan yang sehat tidak peduli berapa ukurannya.
 

3. Percaya diri berarti kamu selalu merasa sudah menjadi yang terbaik


Percaya diri adalah memahami bahwa kamu akan mengalami hari-hari baik dan juga buruk. Kadang kamu bisa pakai baju asal dan ingin tidur saja di rumah dan di sisi lain kamu yakin mau pakai baju apa di hari itu. Percaya diri bukan berarti selalu sempurna sepanjang hari.
 

4. Kamu harus melakukan perubahan untuk merasakan tubuh yang positif


Menurunkan berat badan, mengecat rambut, membeli lemari pakaian baru adalah hal-hal yang mungkin berkontribusi pada kebahagiaan sementara. Namun perlu diingat bahwa belajar mencintai diri sendiri membutuhkan lebih dari sekadar mengubah penampilanmu.
 

5. Jangan berpikir bahwa orang lain melihat kita seperti kita melihat diri sendiri


Masalah dari citra tubuh adalah biasanya tidak akurat. Cara otakmu memahami tubuh dibentuk di korteks parietal otak. Kamu mendapatkan persepsimu tentang tubuh dari rangsangan, dan rangsangan ini seringkali membingungkan.

Bagian dari meningkatkan kepositifan tubuhmu adalah memahami bahwa citra tubuh pada dasarnya hanyalah bagaimana kita melihat diri kita sendiri, dan bagaimana orang lain melihat kita pada dasarnya tidak relevan. Citra tubuh kamu dapat ditingkatkan dengan mengubah cara kamu memandang diri sendiri. Cobalah pikirkan yang baik-baik.
(FIR)

MOST SEARCH