BEAUTY

Mengenal Purple Sampo dan Manfaatnya untuk Rambut Berwarna

Yuni Yuli Yanti
Jumat 28 Februari 2020 / 11:22

Jakarta: Ingin mewarnai rambut, tapi takut di bleaching? Sebagian dari teman Gaya tentu pernah merasakan hal ini ya. Alih-alih, ingin tampil bergaya dengan rambut berwarna, tapi rambut justru jadi rusak karena proses bleaching.

Perlu diketahui, bleaching rambut memang diperlukan untuk memaksimalkan penyerapan cat rambut. Pada umumnya, bleaching dilakukan pada rambut berwarna gelap agar ketika dicat dengan warna terang, hasilnya pun sesuai seperti yang diinginkan. Sama seperti mengecat rambut, bleaching juga bisa pudar dan menghasilkan penampilan rambut kusam seperti rusak.

Oleh karena itu, untuk menjaga warna bleaching tetap cerah, kamu dianjurkan untuk memakai purple shampoo. Tidak semua orang mengetahui apa itu purple shampoo dan fungsinya untuk rambut. Namun, bagi kamu yang sering berganti-ganti warna rambut wajib banget mengetahui fungsi dari sampo ungu ini. 

embed

(Sama seperti mengecat rambut, bleaching juga bisa pudar dan menghasilkan penampilan rambut kusam seperti rusak. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Purple shampoo adalah shampoo toning yang menggunakan pigmen berwarna ungu untuk menghilangkan warna kuning pada rambut yang berfungsi sebagai anti-orange. Pemakaian purple shampoo dilakukan untuk menjaga warna rambut berwarna ash atau blonde tidak berubah warna. 

Seperti kita ketahui, mengecat rambut dengan warna blonde terkadang bisa berubah menjadi kuning kecokelatan yang nampak seperti rambut rusak. Sementara rambut berwarna gelap, seperti hitam atau ash brown juga berpotensi berubah menjadi oranye atau kekuningan.

Tak hanya itu, intensitas warna rambut akan luntur seiring dengan waktu, apalagi jika kita tidak merawat rambut dengan produk perawatan yang tepat, warna rambut yang tertinggal akan menjadi kekuningan atau brassy akibat proses bleaching.

Patricia Gouw, selebriti sekaligus jebolan tiga besar Asia's Next Top Model season 4 ini mengatakan rambut yang diwarnai merupakan salah satu signature look yang ia pilih, sehingga mempercantik rambut sebagai salah satu asset yang paling penting dan termasuk sebuah investasi. 

"Jadi, aku selalu mempercayakan pewarnaan rambutku di tangan professional supaya hasilnya maksimal. Dengan demikian, aku bisa tampil percaya diri setiap hari baik di depan atau belakang kamera," ujarnya di acara peluncuran TRESemmé Color Radiance & Repair for Bleached Hair, di Jakarta Selatan, 27 Februari 2020. 

embed

(Seperti kita ketahui, mengecat rambut dengan warna blonde terkadang bisa berubah menjadi kuning kecokelatan yang nampak seperti rambut rusak. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Nah, menjawab semakin tingginya kebutuhan perempuan Indonesia untuk memiliki rambut yang sehat dan berkilau, meskipun diwarnai. TRESemmé, hair care brand dari PT Unilever Indonesia Tbk merek perawatan rambut nomor satu di Amerika yang digunakan dan dipercaya oleh para hair stylists profesional dunia meluncurkan purple shampo dan conditioner pertama di Indonesia. 

Sampo tersebut mendistribusikan pigmen ungu untuk menetralkan warna kuning kecokelatan akibat bleaching. Maka tak heran jika purple sampo juga sering disebut sebagai ‘No Yellow Shampoo’. Saat keramas, rambut akan menyerap sedikit pigmen ungu yang akan meluruhkan warna merah dan kuning (brassy), sehingga akan mencerahkan dan membuat keindahan warna rambut bertahan lebih lama. 

Christina Yusuf, Hair Care R&D Manager PT Unilever Indonesia Tbk menjelaskan bahwa purple sampo ini diformulasikan secara khusus dengan Plant Placenta Extract untuk mencegah warna rambut luntur dan memberikan perawatan rambut rusak akibat bleaching sejak pertama kali digunakan. 

"Plant Placenta Extract sejak dulu dikenal mampu meregenerasi sel rambut. Kandungan ini diambil dari sari pati kacang kedelai organik (GMO-free) yang sarat akan protein, asam amino, nutrisi dan lipid yang dapat menguatkan batang rambut, menjaga kelembutan dan kilau rambut, serta melindungi rambut dari kerusakan," jelasnya. 

embed

(Purple sampo diformulasikan secara khusus dengan Plant Placenta Extract untuk mencegah warna rambut luntur dan memberikan perawatan rambut rusak akibat bleaching sejak pertama kali digunakan. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Selain Plant Placenta Extract, ada varian dari TRESemmé Color Radiance & Repair Shampoo yang juga mengandung Color Radiance Booster sehingga mampu dengan lembut membersihkan dan memberi nutrisi pada rambut. Pemakaian yang teratur akan memberi perlindungan terhadap kerusakan dan membantu mempertahankan warna rambut menjadi berkilau dan lebih tahan lama.

Miranti Burhan selaku Senior Brand Manager TRESemmé PT Unilever Indonesia Tbk berharap agar perempuan Indonesia dapat terus tampil percaya diri dalam mengekspresikan kepribadian mereka melalui kilau warna-warni rambut, tanpa perlu merasa cemas. 


(yyy)

MOST SEARCH