End Google Analytics -->
FAMILY

Jangan Salah! Ini Waktu yang Pas Untuk Bayi Minum Air Mineral

Medcom
Selasa 20 September 2022 / 12:10
Jakarta: Makanan dan minuman utama bayi adalah ASI (Air Susu Ibu) atau susu formula yang direkomendasikan oleh dokter. Tetapi, pernahkah kamu berpikir bayi merasa kenyang hanya dengan ASI atau susu formula?

Tidak sedikit para ibu yang memberikan anaknya air mineral. Namun, kamu perlu tahu bahwa ada aturan umur di mana bayi diperbolehkan atau tidak meminum air mineral.

Ternyata, bayi baru boleh mengonsumsi air mineral saat usianya menginjak 6 bulan. Alasannya adalah bayi di bawah umur tersebut masih membutuhkan nutrisi untuk tumbuh kembang, maka ASI dan susu formula yang direkomendasikan menjadi makanan dan minuman utama.

Selain itu, air mineral hanya bertujuan untuk menghilangkan dahaga. Jika bayi menganggap air mineral adalah makanan dan merasa kenyang, nafsu makannya akan turun dan dapat membuat sang buah hati kekurangan gizi.

Selain itu, air mineral juga dapat membuat ginjal sang bayi mengeluarkan natrium dan elektrolit; hal ini dapat membuat kekurangan garam dalam tubuh bayi. Pada kasus yang lebih serius, dapat memicu kejang, suhu tubuh rendah, hingga bengkak pada bagian tubuh.

Namun, jika bayimu mengalami konstipasi, konsultasikan ke dokter dan akan diberikan saran yang terbaik. Biasanya dokter akan menyarankan memberi sekitar 2 ons atau 59 ml air mineral dalam sehari. Namun, tetap harus dalam saran dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

ASI atau susu formula memang pilihan terbaik untuk para bayi yang masih dibawah umur 6 bulan. Jangan asal untuk memberikan air mineral, ya!

Aulia Putriningtias
 
(FIR)

MOST SEARCH