WISATA

Menparekraf Kunjungi Desa Tetebatu, Perwakilan Indonesia di International Best Tourism Village

A. Firdaus
Rabu 23 Februari 2022 / 20:03
Lombok: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi Desa Wisata Tetebatu. Kunjungan Sandiaga untuk mensosialisasikan desa wisata Tetebatu yang menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang International Best Tourism Village yang digelar Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO).

Desa Wisata Tetebatu berada di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa wisata ini memiliki jarak tempuh sekitar 44,2 km dari Kota Mataram atau sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil.

“Ini salah satu desa Wisata terbaik, dan kita bisa lihat kalau desa ini memang sudah bangkit dalam segala bidang baik ekonomi maupun yang lainnya,” kata Sandiaga dalam keterangan pers.

Desa Wisata Tetebatu merupakan desa wisata yang lebih fokus pada sejarah. Di desa ini, ada sebuah pohon tua yang menjadi inspirasi dari penghargaan Kalpataru yang dicetuskan oleh Emil salim Menteri Negara Urusan Kependudukan dan Lingkungan Hidup yang sudah diberikan sejak 1981.

Di sinilah cikal-bakal wisata pertama desa Tetebatu dan dibangun wisma (penginapan pertama) di Tetebatu. Jadi, homestay yang ada di Tetebatu sudah berkembang sejak lama. Desa ini juga bisa menjadi salah satu wisata sejarah sekaligus wisata sejarah Kesehatan.

"Di desa ini memang banyak sejarah yang ditunjukan bagi masyarakat yang berkunjung,” tutur Menparekraf Sandiaga.

Kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Desa Wisata Tetebatu juga merupakan ajang sosialisasi untuk kesuksesan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Tema pada tahun ini adalah Kebangkitan Ekonomi Demi Indonesia Bangkit.

Pada ADWI 2022, ditargetkan sebanyak 3000 desa wisata di Indonesia ikut andil dalam ajang tahunan ini. Dan akan ada 7 kategori yang diperebutkan, di antaranya Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Suvenir, Digital dan Kreatif, CHSE dan Kelembagaan.
(FIR)

MOST SEARCH