WISATA

Menparekraf Sandiaga Beri Alasan Desa Wisata Muaro Jambi jadi Destinasi Super Kualitas

A. Firdaus
Jumat 04 Maret 2022 / 18:22
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi Desa Wisata Muaro Jambi. Desa Wisata Muaro Jambi ini berada di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga ke Desa Wisata Muaro Jambi untuk sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Di sana Menparekraf Sandiaga menetapkan kalau Desa Wisata Muaro Jambi merupakan destinasi super kualitas.

Menurut Menparekraf Sandiaga, salah satu alasan Desa Wisata Muaro Jambi menjadi destinasi super kualitas karena di desa tersebut ada sebuah candi terluas se-Asia Tenggara dengan luas Kawasan 3981 hektar. Kompleks candi peninggalan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu terbesar dan paling terawat di Pulau Sumatra ini, sudah sejak 2009 telah mendaftarkan diri ke UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia.

"Ini sudah ada sebelum Borobudur, maka kita juga perlu kolaborasi dari lintas kementrian juga sehingga dipastikan akan ada kebijakan yang cepat,” tegas Menparekraf Sandiaga Uno.

Selain itu, sesuai tema yang diusung pada tahun ini 'Kebangkitan Ekonomi Demi Indonesia Bangkit', Desa Wisata Muaro Jambi adalah salah satu desa wisata yang sudah memiliki kebangkitan ekonomi yang cukup baik. Sehingga menjadi salah satu percontonhan bagi peserta desa wisata lainnya.

Untuk bisa melengkapinya, menurut Menparekraf Sandiaga, harus ada peningkatan kualitas pariwisata dengan didukung fasilitas lainnya seperti homestay yang layak. Untuk itu, Sandi memberikan sumbangan 10 unit toilet duduk untuk dimanfaatkan di homestay yang ada di Muaro Jambi.

Sebelumnya ada cerita kalau wisatawan yang berbadan besar tidak bisa bangun karena harus jongkok. Menparekraf juga mendapat cerita kalau pengunjung di Desa Wisata Muaro Jambi tak hanya dikunjungi wisatawan lokal, melainkan juga dari mancanegara seperti Prancis, Nepal, dan lainnya.

"Semoga ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan fasiitas wisatanya juga standar internasional," pungkasnya.

Lebih lanjut, dari program ADWI 2022 ini, bisa disimpulkan bahwa potensi wisata itu adalah kebangkitan ekonomi kita. Apalagi di Muaro Jambi, sejak dulu kala menjadi lokasi ini pusat Pendidikan dunia. Hal tersebut terbukti dengan adanya candi peninggalan kerajaan Sriwijaya yang telah lama ada.
(FIR)

MOST SEARCH