WISATA

Desa Gampong Ulee Lheue Aceh Kaya akan Wisata Sejarah

A. Firdaus
Sabtu 06 Agustus 2022 / 07:19
Banda Aceh: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Gampong Ulee Lheue di Kota Banda Aceh. Desa ini masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Saat berkunjung, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Desa Wisata Gampong Ulee Lheue memiliki potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang tinggi, sehingga bisa menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan untuk berkunjung.

"Saya ingin mengucapkan selamat untuk Desa Wisata Gampong Ulee Lheue yang tembus 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 dengan kelengkapan potensi wisata dan ekonomi kreatif. Ada wisata alam, budaya, juga yang begitu bermakna adalah wisata sejarah," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Wisata sejarah tersebut terkait dengan bencana tsunami yang terjadi di Desember tahun 2004. Desa Wisata Gampong Ulee Lheue yang merupakan kawasan pesisir menjadi salah satu daerah yang sangat terdampak baik korban jiwa maupun bangunan.

Namun di tengah hantaman bencana itu, terdapat Masjid Baiturrahim yang masih berdiri dengan kokoh. Masjid ini satu-satunya bangunan yang tersisa saat gempa dan tsunami, sementara bangunan lain di sekitar masjid bahkan kawasan yang hancur. Masjid yang merupakan peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17 ini juga telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

Di kawasan masjid ini juga terdapat gallery tsunami yang memajang foto-foto kondisi masjid dan sekitarnya pada saat terjadi gempa dan tsunami. Selain menjadi gallery, masyarakat juga memanfaatkannya sebagai sentra UMKM desa wisata Gampong Ulee Lheue.

Masih terkait dengan sejarah bencana tsunami, di Desa Wisata Gampong Ulee Lheue ini juga terdapat makam massal para korban gempa dan tsunami Aceh tahun 2004.
(FIR)

MOST SEARCH