WISATA

Raih 2 Penghargaan di ADWI 2021, Ini 6 Fakta Desa Wisata Cikolelet

A. Firdaus
Rabu 08 Desember 2021 / 16:12
Jakarta: Desa Wisata Cikolelet menjadi bintang dalam malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang diusung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Desa Wisata yang berada di Provinsi Banten tersebut menang di dua kategori Desa Wisata Rintisan dan Desa Wisata Terfavorit.

Desa Wisata Cikolelet merupakan desa yang berada di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Banten. Terletak di Pantai Anyer, keberadaan Desa Wisata Cikolelet menjadi penunjang wisata Pantai Anyer-Cinangka.

Baca juga: Ini Daftar Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Desa Wisata Cikolelet ini berada 141 kilometer dari Jakarta atau, sekitar 45 km dari pusat Kota Serang dan bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun dua untuk menuju Desa Wisata Cikolelet.

Memenangkan Desa Wisata Favorit, Cikolelet meraih 75 ribu like di sosial media. Berikut 6 fakta Desa Wisata Cikolelet melansir dari Kemenparekraf:
 

1. Kontur alam




Desa Wisata Cikolelet memiliki anugerah berupa kontur alam yang indah, serta kekayaan seni budaya dan ekonomi kreatif. Keindahan tersebut membuat siapa saja yang datang akan merasa dimanjakan oleh pesonanya.
 

2. Suvenir Kriya


Desa Wisata Cikolelet memiliki kelompok ekonomi kreatif bernama Mekar Kraft. Para warganya yang tergabung dalam kelompok ini, memanfaatkan limbah menjadi suvenir. Ketangkasan dalam mengelola limbah plastik, menciptakan barang baru seperti kerajinan tas.



Begitu juga dengan Daun Rumbia yang banyak tumbuh di Desa Wisata Cikolelet. Duan itu mereka sulap menjadi Atap rumah yang mampu menyerap panas dan menyimpannya untuk malam, sehingga ruangan akan terasa hangat.
 

3. Kuliner



Hasil bumi seperti kopi, melinjo, dan jamur terus dibudidaya menjadi olahan siap santap, dan menjadi oleh-oleh khas Desa Wisata Cikolelet.
 

4. Wisata


Desiran angin dan air di Curug Lawang yang saling bertaut dalam aroma penghormatan leluhur, melengkapi harmonisasi tradisi yang terjaga hingga kini.


 

5. Budaya


Budaya dan tradisi yang ada di Desa Wisata Cikoleteh salah satunya adalah Macaseh, yang merupakan seni bertutur untuk menceritakan Syekh Abdul Kodir Jaelani Waliyulloh.



Kemudian ada juga Tari Yalil. Tarian tradisional yang sering ditemui di acarah pernikahan sebagai buka lawang. Gairah dalam gerakan tarian, melukiskan keramahan masyarakat, menerima yang ingin sekadar berlibur.
 

6. Homestay



Segala yang tercipta di Desa Wisata Cikolelet akan terjamin tentram dengan fasilitas yang tersedia, seperti homestay milik rumah warga.
(FIR)

MOST SEARCH