Rekomendasi Olahraga Ringan yang Dapat Kamu Lakukan setelah Buka Puasa

Rekomendasi Olahraga Ringan yang Dapat Kamu Lakukan setelah Buka Puasa

Grafis gizi
13 April 2022 12:05
Jakarta: Selama berpuasa di bulan suci Ramadan ini, kamu tetap perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh. Baik itu secara fisik maupun psikologis.

Saat berpuasa, asupan gizi yang tepat menjadi semakin penting untuk diperhatikan. Sebab untuk meningkatkan dan mempertahankan imunitas tubuh diperlukan agar ibadah puasa dapat berjalan dengan baik dan lancar, serta menurunkan kemungkinan terkena virus.

Menurut ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D, salah satu sumber nutrisi yang baik adalah susu sapi segar. Sebab susu sapi segar memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kita.

"Susu sapi segar memiliki beragam manfaat yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh selama kita berpuasa. Salah satunya adalah untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Karena susu merupakan salah satu asupan yang kandungan nutrisinya memiliki banyak manfaat untuk mendukung kerja sistem imun tubuh, seperti protein, zink, Vitamin A, Vitamin B1, B2, dan kalsium," ujar Esti dalam keterangan pers dari Greenfields.

Secara fisik, selain memperhatikan asupan gizi yang cukup, Esti juga mengingatkanmu pentingnya untuk tetap berolahraga di bulan puasa, yang sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari.

"Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Kamu bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya," ujar Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D, dosen dan ahli gizi, founder aplikasi @gizinusantara.

Untuk itu, berikut rekomendasi olahraga ringan yang bisa kamu lakukan setelah berbuka puasa:

 

1. Jalan santai

Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh. Berjalan santai bisa kamu lakukan ketika pergi ke masjid untuk salat tarawih berjamaah.
 

2. Jogging

Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.
 

3. Naik turun tangga

Gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh. Kamu bisa melakukannya di rumah atau di kantor.
 

4. Sit up dan push up

Sit up dan push up memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh. Sumber: Sumber: Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D (FIR)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif