Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap gambar menakjubkan dari planet Jupiter.
Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap gambar menakjubkan dari planet Jupiter.
"Sungguh luar biasa bahwa kita dapat melihat detail Jupiter bersama dengan cincinnya, satelit kecil, dan bahkan galaksi dalam satu gambar," kata astronom planet Imke de Pater dari University of California, Berkeley.
Satu gambar menunjukkan cincin samar Jupiter, dua bulan kecil Amalthea dan Adrastea, serta aurora di kutub utara dan selatan.
Satu gambar menunjukkan cincin samar Jupiter, dua bulan kecil Amalthea dan Adrastea, serta aurora di kutub utara dan selatan.

Wow! Teleskop James Webb Tangkap Gambar Jupiter yang Menakjubkan

23 Agustus 2022 23:00
Jakarta: Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap gambar menakjubkan dari planet Jupiter, yang menunjukkan dua bulan kecil, cincin samar, dan aurora di kutub utara dan selatan.

"Sejujurnya, kami tidak benar-benar mengharapkannya menjadi sebaik ini," kata astronom planet Imke de Pater dari University of California, Berkeley.

"Sungguh luar biasa bahwa kita dapat melihat detail Jupiter bersama dengan cincinnya, satelit kecil, dan bahkan galaksi dalam satu gambar," katanya.

De Pater memimpin pengamatan Jupiter, planet terbesar di tata surya kita, bersama dengan Thierry Fouchet dari Observatorium Paris.

Gambar komposit diambil dengan Near-Infrared Camera (NIRCam) observatorium dan diberi warna artifisial karena cahaya inframerah tidak terlihat oleh mata manusia.

Aurora di atas kutub utara dan selatan Yupiter telah dipetakan dalam warna yang lebih merah sementara Bintik Merah Besar, badai yang lebih besar dari Bumi, tampak putih.

Satu gambar menunjukkan cincin samar Jupiter dan bulannya Amalthea dan Adrastea.

Diluncurkan pada Desember 2021 dari Guyana Prancis dengan roket Ariane 5, Webb mengorbit Matahari pada jarak satu juta mil (1,6 juta kilometer) dari Bumi, di wilayah luar angkasa yang disebut titik Lagrange kedua.

Butuh waktu hampir satu bulan bagi pesawat ruang angkasa untuk mencapai wilayah tersebut, di mana ia tetap berada dalam posisi tetap di belakang Bumi dan Matahari untuk memberikan pandangan yang jelas tentang kosmos.

Teleskop Webb adalah kolaborasi internasional antara badan antariksa AS NASA, Badan Antariksa Eropa, dan Badan Antariksa Kanada, yang melibatkan lebih dari 10.000 orang. AFP PHOTO/NASA

(WWD)

Teknologi nasa Teleskop James Webb

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif