Manfaat Bersepeda untuk 7 Masalah Kesehatan

Manfaat Bersepeda untuk 7 Masalah Kesehatan

Grafis bersepeda
30 Juni 2022 10:23
Jakarta: Untuk menjadi bugar dan sehat, seseorang harus aktif secara fisik. Pasalnya, aktivitas fisik secara teratur dapat membantu melindungi diri dari penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, penyakit mental, diabetes, dan radang sendi.

Dan mengendarai sepeda secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang terkait dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak.

Bersepeda adalah olahraga yang sehat dan berdampak rendah yang dapat dinikmati oleh orang-orang dari segala usia, mulai anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua.
 

1. Bersepeda dan kesehatan

Bersepeda merupakan aktivitas aerobik, yang berarti jantung, pembuluh darah, dan paru-paru, semuanya berolahraga. Menukil dari laman Better Health, dengan bersepeda kamu akan bernapas lebih dalam, berkeringat dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang akan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan.
 

2. Bersepeda dan obesitas

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan, karena meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Jika kamu mencoba menurunkan berat badan, bersepeda harus dikombinasikan dengan rencana makan yang sehat.

Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir 5 kilogram lemak selama setahun.

3. Penyakit kardiovaskular dan bersepeda

Penyakit kardiovaskular termasuk stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Bersepeda secara teratur merangsang dan meningkatkan jantung, paru-paru dan sirkulasi, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Bersepeda memperkuat otot jantung, menurunkan denyut nadi istirahat dan mengurangi kadar lemak darah. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang bersepeda ke tempat kerja memiliki paparan polusi dua hingga tiga kali lebih sedikit daripada pengguna mobil, sehingga fungsi paru-paru mereka meningkat.  
 

4. Kanker dan bersepeda

Banyak peneliti telah memelajari hubungan antara olahraga dan kanker, terutama kanker usus besar dan payudara. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika bersepeda, kemungkinan kanker usus berkurang. Beberapa bukti menunjukkan bahwa bersepeda secara teratur mengurangi risiko kanker payudara.
 

5. Diabetes dan bersepeda

Tingkat diabetes tipe 2 meningkat dan merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius. Kurangnya aktivitas fisik dianggap sebagai alasan utama mengapa orang mengembangkan kondisi ini.

Penelitian skala besar di Finlandia menemukan bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko 40 persen lebih rendah terkena diabetes.
 

6. Radang sendi dan bersepeda

Bersepeda meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi. Ini juga dapat membantu mencegah jatuh dan patah tulang. Bila kamu menderita osteoartritis, bersepeda merupakan olahraga ideal. Karena olahraga ini  berdampak rendah dan memberikan sedikit tekanan pada persendian.  
 

7. Penyakit mental dan bersepeda

Kondisi kesehatan mental seperti depresi, stres dan kecemasan dapat dikurangi dengan bersepeda secara teratur. Ini karena efek dari latihan itu sendiri dan karena kenikmatan yang bisa didapat dari mengendarai sepeda. Boleh dibilang olahraga sekaligus refreshing. (TIN)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif