Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha (kiri) menyerahkan palu untuk kepemimpinan ASEAN kepada Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc selama upacara penutupan KTT ASEAN ke-35 di Bangkok, Senin 4 November 2019 malam.
Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-O-Cha (kiri) menyerahkan palu untuk kepemimpinan ASEAN kepada Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc selama upacara penutupan KTT ASEAN ke-35 di Bangkok, Senin 4 November 2019 malam.
Sebagai Ketua ASEAN 2020, Vietnam memilih tema ASEAN yang Padu dan Responsif (Cohesive and Responsive ASEAN).
Sebagai Ketua ASEAN 2020, Vietnam memilih tema ASEAN yang Padu dan Responsif (Cohesive and Responsive ASEAN). "Dua elemen dalam tema ini bersinergi dan saling menguatkan," ujar Nguyen.
Sebagai komunitas yang padu dan berkembang, ASEAN dinilai harus lebih responsif terhadap dunia yang terus berubah. Di sisi lain, respons ASEAN terhadap berbagai tantangan di
kawasan akan berhasil jika blok ini tetap bersatu.
Sebagai komunitas yang padu dan berkembang, ASEAN dinilai harus lebih responsif terhadap dunia yang terus berubah. Di sisi lain, respons ASEAN terhadap berbagai tantangan di kawasan akan berhasil jika blok ini tetap bersatu.
Upaya tersebut harus dilakukan dengan mengintensifkan solidaritas, persatuan, memperkuat
integrasi ekonomi dan konektivitas, serta memperdalam nilai-nilai dan kekhasan Komunitas ASEAN, meningkatkan kapasitas kelembagaan ASEAN, dan memperkuat keterlibatan ASEAN dengan komunitas global.
Upaya tersebut harus dilakukan dengan mengintensifkan solidaritas, persatuan, memperkuat integrasi ekonomi dan konektivitas, serta memperdalam nilai-nilai dan kekhasan Komunitas ASEAN, meningkatkan kapasitas kelembagaan ASEAN, dan memperkuat keterlibatan ASEAN dengan komunitas global. "Vietnam menantikan dukungan saudara-saudari ASEAN, dan para mitra untuk mewujudkan tema ASEAN 2020," tutur Nguyen.

Thailand Serahkan Mandat Ketua ASEAN kepada Vietnam

Internasional ktt asean
05 November 2019 10:33
Bangkok: Thailand, yang telah menjalankan peran sebagai ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini, menyerahkan tugas tersebut kepada Vietnam untuk 2020. AFP Photo/Lillian Suwanrumpha
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif