Tragedi Itaewon, Korsel Berkabung 7 Hari

Tragedi Itaewon, Korsel Berkabung 7 Hari

31 Oktober 2022 16:21
Jakarta: Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol telah menetapkan masa berkabung nasional hingga Sabtu, 5 November mendatang setelah tragedi perayaan Halloween di Distrik Itaewon, Seoul, Sabtu, 29 Oktober malam. Sedikitnya 154 orang tewas dalam insiden itu. Ia memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang di gedung-gedung pemerintah dan kantor publik.

"Ini benar-benar tragis. Hati saya berat dan sulit untuk menahan kesedihan saya,” kata Yoon, kemarin, beberapa jam setelah kejadian. “Pemerintah menetapkan mulai hari ini hingga kecelakaan dapat dikendalikan sebagai masa berkabung nasional,” ujarnya.

98 dari 154 korban tewas diidentifikasi sebagai perempuan, dan 56 lainnya laki-laki. Korban tewas termasuk 26 orang asing. Korban tewas kemungkinan bertambah karena setidaknya 33 orang dalam kondisi kritis.

Bencana yang terjadi sekitar pukul 22.00 waktu setempat itu bermula ketika kerumunan besar memadati gang sempit di dekat Hotel Hamilton.

Massa berhimpitan saat merayakan Halloween pertama kalinya di Seoul dalam tiga tahun terakhir setelah negara itu mencabut pembatasan akibat covid-19.

Puluhan ribu pengunjung memadati Itaewon untuk berpesta dengan mengenakan topeng dan kostum Halloween. Belum diketahui secara pasti penyebab tragedi.

Beberapa media lokal mewartakan petaka terjadi ketika sekelompok besar orang bergegas ke sebuah bar setelah mendengar seorang selebriti berkunjung ke sana. dok Medcom.id

Foto: AFP
(WWD)

Grafis Tragedi Itaewon

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif