Masyarakat Diminta Tukarkan Uang yang Ditarik dari Peredaran
Masyarakat Diminta Tukarkan Uang yang Ditarik dari Peredaran

Masyarakat Diminta Tukarkan Uang yang Ditarik dari Peredaran

Grafis Bank Indonesia
07 Juli 2020 15:47
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mengingatkan masyarakat untuk segera menukarkan uang rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran. Bila melebihi jangka waktu penukaran, uang tersebut tidak bisa ditukarkan.
 
Mengutip dokumen Uang Yang Dicabut dan Ditarik yang diunggah BI, pencabutan dan penarikan uang dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Di antaranya, masa edar yang sudah terlalu lama dan adanya perkembangan teknologi unsur pengaman (security features) pada uang.
 
"Pencabutan dan penarikan suatu pecahan uang rupiah dari peredaran juga dimaksudkan untuk mencegah dan meminimalisir peredaran uang palsu, serta menyederhanakan komposisi dan emisi pecahan yang ada," tulis dokumen yang dikutip Medcom.id, Minggu, 5 Juli 2020.

Adapun uang rupiah yang dicabut dan ditarik dari peredaran dapat ditukarkan di bank umum, Kantor Perwakilan (KPw) BI di dalam negeri, dan Kantor Pusat BI (KPBI) di Jakarta. Uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran dapat ditukarkan selama 10 tahun sejak tanggal pencabutan.
(AEQ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif