Peta Sederhana UU Cipta Kerja

Peta Sederhana UU Cipta Kerja

Grafis Konvergensi MGN
20 Oktober 2020 13:01
Jakarta: Persoalan buruh hanya sebagian kecil yang diatur dalam UU Cipta Kerja. Namun, isu ini justru menjadi pelatuk gelombang demontrasi yang terjadi usai omnibus law itu disahkan DPR pada 5 Oktober lalu.

Tulisan berikut diikhtiarkan untuk memberi penjelasan sederhana apa saja isi UU Cipta Kerja. Ternyata, persoalan ketenagakerjaan hanya salah satu klaster. Masih banyak klaster lain dari UU dengan tebal 812 halaman ini.

UU Cipta Kerja terdiri atas 15 Bab dengan 174 pasal. Sebanyak 163 pasal di antaranya adalah pasal substansi. Porsi terbesar dari UU Cipta Kerja ini yakni terkait dengan perizinan, kemudahan berusaha, investasi, serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)-koperasi. Porsinya mencapai 86,5 persen.

Tercatat, UU Cipta Kerja merevisi 76 undang-undang. Total ada 11 klaster yang terdiri atas peningkatan ekosistem investasi; perizinan berusaha; ketenagakerjaan; dukungan UMKM; kemudahan berusaha; riset & inovasi; pengadaan tanah; kawasan ekonomi; investasi pemerintah pusat & percepatan proyek strategis nasional; administrasi pemerintahan; dan pengenaaan sanksi. 

Sebanyak 42 aturan turunan disiapkan untuk menjalankan UU tersebut, yaitu 37 peraturan presiden dan 5 peraturan presiden. Pemerintah mengharapkan masukan dari masyarakat, terutama elemen yang menolak pengesahan UU tersebut. 

Pemerintah juga mempersilakan kelompok masyarakat yang tidak setuju dengan UU tersebut untuk mengajukan gugatan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi.

Berikut pasal-pasal yang diatur di dalam UU Cipta Kerja:
(AEQ)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif