5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah

5 Cara Alami Turunkan Tekanan Darah

Grafis kesehatan
25 November 2021 15:36
Jakarta: Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah meningkat di atas normal atau lebih dari 140/90 mmHG. Dan biasanya dokter menyarankan untuk beristirahat, memperbaiki pola makan, dan mengonsumsi obat.

Tekanan darah tinggi ini juga merupakan kondisi berbahaya yang dapat merusak jantung. Dan jika dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah ini bisa meningkatkan risiko penyakit, stroke, jantung, sampai gagal ginjal. 

Tapi ada kabar baik, loh, tekanan darah bisa diturunkan secara alami, bahkan tanpa obat. Mau tahu? Yuk, ikuti tips berikut ini:
 

1. Kurangi asupan natrium (garam)


Asupan garam tinggi di seluruh dunia. Sebagian besar, ini disebabkan oleh makanan olahan dan siap saji. Banyak penelitian telah menghubungkan asupan garam tinggi dengan tekanan darah tinggi dan kejadian jantung, termasuk stroke. 

Jika sudah memiliki tekanan darah tinggi, ada baiknya mengurangi asupan natrium. Ganti makanan olahan dengan yang segar dan coba bumbui dengan bumbu dan rempah-rempah daripada garam. 
 

2. Olahraga secara teratur 


Olahraga teratur merupakan salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan olahraga teratur akan membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah. 

Sebagaimana dilansir dari Medical News Today, National Walkers Health Study menyatakan berjalan kaki 30 menit sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah. 
 

3. Makan makanan kaya kalsium 


Orang dengan asupan kalsium rendah sering kali memiliki tekanan darah tinggi. Sementara suplemen kalsium belum secara meyakinkan terbukti menurunkan tekanan darah. 

Bagi kebanyakan orang dewasa, rekomendasi kalsium adalah 1.000 miligram (mg) per hari. Selain susu, kamu bisa mendapatkan kalsium dari collard greens dan sayuran berdaun hijau lainnya, kacang-kacangan, sarden, dan tahu. 
 

4. Kurangi minum alkohol 


Minum alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Faktanya, alkohol dikaitkan dengan 16 persen kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia. 

Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa alkohol dalam jumlah rendah hingga sedang dapat melindungi jantung, manfaat tersebut dapat diimbangi dengan efek samping. Intinya, minum alkohol dalam jumlah berapa pun dapat meningkatkan tekanan darah. 
 

5. Makan makanan kaya kalium 


Kalium membantu tubuh membuang natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Untuk mendapatkan keseimbangan kalium dan natrium yang lebih baik dalam diet, fokuslah pada makan lebih sedikit makanan olahan dan lebih banyak makanan segar dan utuh. 

Makanan yang sangat tinggi kalium meliputi: sayuran, terutama sayuran hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar buah, termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot. Produk susu, seperti susu dan yoghurt, tuna dan salmon, kacang-kacangan dan biji-bijian, kacang polong. 

Tekanan darah tinggi memengaruhi sebagian besar populasi dunia. Tak melulu minum obat, makan makanan tertentu pun dapat membantu. Dengan begitu risiko penyakit jantung akan turun. Dok Medcom.id
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif