Produksi Vaksin mRNA, RI Gandeng Tiongkok

Produksi Vaksin mRNA, RI Gandeng Tiongkok

Grafis Virus Korona
09 September 2021 10:38
MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan perusahaan dalam negeri akan menggandeng perusahaan Tiongkok guna mendukung pengembangan produksi vaksin dalam negeri.

Hal itu disampaikannya saat mengunjungi PT Etana Biotechnologies Indonesia di Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa, 7 September 2021. Rencananya, perusahaan itu akan memproduksi vaksin covid-19 mRNA yang bakal bekerja sama dengan perusahaan dari Tiongkok, Walvax Biotechnology Co Ltd.

“Pemerintah mendukung kerja sama strategis ini dan saya yakin Badan POM dan Kemenkes juga akan mendukung penuh,” ujar Luhut dalam keterangannya.

Dia menginginkan kerja sama kedua perusahaan itu bisa menumbuhkan transfer pengetahuan sehingga pengembangan dan produksi pun bisa dilakukan di dalam negeri.

“Kami juga mendukung uji klinis tahap 3 yang akan segera dilaksanakan PT Etana, proses emergency used authorization serta jaminan pasar untuk vaksin yang memiliki TKDN tinggi,” lanjut Luhut.

Di kesempatan itu, Direktur Utama PT Etana Biotechnologies Indonesia Nathan Tirtana menyatakan komitmennya untuk produksi RnD vaksin covid-19 berbasis teknologi next generation mRNA di Indonesia yang bisa disimpan di suhu 2-8 derajat celsius.

Tim pakar dari Walvax dikabarkan juga akan datang ke Indonesia pekan depan untuk memulai transfer teknologi.

“Pada saat ini, proses kerja sama dan produksi vaksin sedang difinalisasi dan sepenuhnya memenuhi regulasi dan protokol yang berlaku di Indonesia maupun WHO,” tutur Nathan.

Dia menjelaskan, produksi vaksin nantinya akan dilakukan dengan menggunakan teknologi single use tech for multiple product in one utility (pemanfaatan sebuah teknologi untuk berbagai produk).  

Proses pembuatan vaksin akan dimulai dengan plasmid manufacturing, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan mRNA.

“Jadi, mRNA manufacturing akan dilakukan di luar sel guna mempermudah proses pemurnian. Setelah itu, akan lanjut ke tahap mRNA encapsulation,” terang Nathan.

Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif