Pelanggaran Berat HAM Diduga Terjadi di Xinjiang

Pelanggaran Berat HAM Diduga Terjadi di Xinjiang

Grafis Pelanggaran HAM
12 Desember 2021 11:30
XINJIANG, salah satu provinsi yang terletak di barat laut Tiongkok, telah lama menarik perhatian dunia. Hal itu disebabkan keberadaan etnik Uighur yang merupakan minoritas di Tiongkok. Etnik Uighur diduga mendapatkan perlakuan buruk dari Tiongkok, salah satunya ialah pelanggaran berat HAM.

Seharusnya Xinjiang merupakan provinsi mandiri yang dijuluki Xinjiang Uyghur Autonomous Region (XUAR). Penetapan daerah khusus ini berlaku semenjak pendudukan Partai Komunis Tiongkok di Xinjiang pada 1949 yang sebelumnya merupakan negara Turkistan Timur. Namun, ambisi Presiden Xi Jinping yang ingin menyatukan seluruh wilayah Tiongkok menimbulkan polemik di wilayah tersebut.

Hal ini berujung pada pelanggaran berat yang terjadi pada etnik Uighur. Pemerintah Tiongkok berdalih tidak ada pelanggaran berat HAM di kamp konsentrasi Xinjiang. Pendirian kamp konsentrasi tersebut bertujuan melakukan deradikalisasi dan mencegah bahaya terorisme. Namun, dalam bukti terbaru yang ditemukan dari bocornya dokumen penting pemerintah Tiongkok, ditemukan keinginan Presiden Xi Jinping untuk menggunakan kekuatan penuh dalam menguasai Xinjiang. Dok. Media Indonesia
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif