Pembangunan Bendungan Perkuat Ketahanan Pangan Indonesia

Pembangunan Bendungan Perkuat Ketahanan Pangan Indonesia

Grafis Bendungan
20 September 2021 09:12
PEMERINTAH melalui Kementerian PU-Pera terus menggencarkan pembangunan bendungan sebagai salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan dan ketahanan air nasional. Pembangunan bendungan dapat memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan Indonesia. Selain itu, dengan adanya bendungan, suplai air ke sawah-sawah petani akan lebih banyak sehingga dapat meningkatkan frekuensi tanam, meningkatkan produksi lahan dan juga meningkatkan kesejahteraan petani.

Pembangunan bendungan juga merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan (PSN) yang bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, penyediaan air baku, dan pengendalian banjir.

Pada 2021, pemerintah menargetkan sebanyak 17 bendungan dapat diresmikan dan beroperasi secara penuh. Hingga September 2021, 8 bendungan dari 17 bendungan telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Bendungan ke-8 yang diresmikan ialah Bendungan Paselloreng  di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, sedangkan 9 bendungan lainnya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada sisa tahun ini.

Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif