Lebih Siap Menyambut Kepulangan Pekerja Migran

Lebih Siap Menyambut Kepulangan Pekerja Migran

Grafis Pekerja Migran Indonesia
09 Juni 2021 07:26
SUDAH 41 ribuan pekerja migran Indonesia yang pulang dari Malaysia dalam empat bulan terakhir. Selesai? Ternyata belum. Seperti diungkapkan Netty Prasetiyani, masih akan ada pemulangan 7.300 pekerja migran dari negeri jiran itu pada Juni-Juli.

Anggota Komisi IX DPR RI itu meminta pemulangan para pekerja migran harus dikawal ketat. “Harus dipastikan mereka bebas covid-19 sehingga tidak menimbulkan masalah baru di Tanah Air.”

Meski belum bisa dipastikan, kepulangan pekerja migran menjadi salah satu faktor ledakan kasus harian di Tanah Air. Di Bangkalan, Madura, Jawa Timur, misalnya, daerah itu merupakan kantong penghasil pekerja migran. Selain libur Lebaran, kedatangan pekerja migran diduga menjadi penyebab ledakan jumlah kasus di wilayah itu.

Lebih jauh, Netty meminta pemerintah memberikan perlindungan maksimal pada semua pekerja melalui koordinasi dengan lembaga. “Screening harus dilakukan, terutama di pintu-pintu masuk kedatangan PMI,” ujar istri mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan itu.

Di dalam negeri, penanggulangan covid-19 masih jauh dari kata tuntas. Bahkan, kasus baru cenderung terus datang. Di Cianjur, Jawa Barat, penjangkitan massal kembali terjadi. Kali ini, gara-gara resepsi pernikahan yang dilepaskan tanpa pengawasan. Sebanyak 94 warga di Kecamatan Cibinong terjangkit.

“Kerumunan sudah membuktikan menjadi ladang perluasan kasus covid-19. Dari kejadian di Cibinong itu, kami sudah menginstruksikan pemangku kepentingan mewaspadai resepsi pernikahan,” aku Bupati Herman Suherman. 

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengaku sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi potensi lonjakan kasus. “Kami sudah mengaktifkan kembali seluruh posko dan satgas covid-19, mulai tingkat RT, RW, hingga kelurahan.”

Selain itu, satuan polisi pamong praja gencar melakukan operasi penertiban pemakaian masker. Mereka bersiap di setiap pelintasan jalan dan sejumlah lokasi kerumunan warga.

Di sisi lain, covid-19 tidak pilih bulu. Meski sudah melakukan berbagai upaya untuk tidak terjangkit, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum harus pasrah menjalani isolasi mandiri. Ia positif terinfeksi oleh covid-19. “Kita doakan beliau lekas sembuh,” kata Gubernur Ridwan Kamil. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif