Urgensi Revitalisasi dan Rehabilitasi Bangunan Bersejarah di Tiga Daerah

Urgensi Revitalisasi dan Rehabilitasi Bangunan Bersejarah di Tiga Daerah

Grafis bangunan bersejarah
02 Februari 2022 07:03
PERISTIWA di masa lalu kerap meninggalkan warisan bersejarah, baik berupa bangunan maupun benda. Semuanya harus dilestarikan demi keberlanjutan sejarah, tak terkecuali bangunan yang ada di Sumatra, semisal Situs Peristiwa Situjuah dan pesanggrahan Bung Karno, serta di Pulau Jawa, seperti Kantor DPRD DIY dan Hotel Toegoe.

Situs Peristiwa Situjuah, yang berada di Desa Lurah Kincia, Sumatra Barat, akan direvitalisasi dalam waktu dekat. Meski anggaran belum ditetapkan, pemerintah daerah setempat sudah mewacanakan agar situs tersebut segera direvitalisasi.

Sedikit berbeda dengan Situs Peristiwa Situjuah, tiga pesanggrahan Bung Karno di Sumatra Utara tidak direvitalisasi, tetapi direhabilitasi. Ketiganya direhabilitasi dengan konsep berbeda, yaitu Pesanggrahan Berastagi berkonsep museum, Parapat berkonsep rumah diplomasi, dan Kotanopan berkonsep ruang publik.

Sementara itu, Kantor DPRD DIY akan direvitalisasi menjadi museum perjalanan Yogyakarta. Nantinya, di bangunan yang berstatus cagar budaya itu, pengunjung dapat melihat gambaran perjalanan Yogyakarta di masa lalu, masa kini, dan masa mendatang. Dok: Fokus Media Indonesia (Rkp)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif