5 Kue Khas Betawi yang Selalu Hadir Saat Lebaran

5 Kue Khas Betawi yang Selalu Hadir Saat Lebaran

Grafis Kuliner
05 Mei 2022 12:08
Jakarta: Setiap daerah pasti memiliki beragam kue khas masing-masing yang biasa disajikan saat Lebaran. Tak terkecuali suku asli Jakarta, yaitu Betawi yang memiliki beragam kue khas yang biasa disajikan untuk menyambut para tamu dan keluarga selama Lebaran.

Selain nastar dan kastengel, bagi masyarakat Betawi ada beberapa kue tradisional yang wajib harus ada untuk menyempurnakan suasana Lebaran. Nah, dinukil dari Mommyasia.id, berikut ini lima kue yang wajib ada saat Idulfitri di rumah.
 

1. Manisan Kolang-kaling

Masyarakat Betawi pasti akan menyajikan manisan di setiap perayaan, hal tersebut karena manisan dianggap akan memaniskan hidup mereka. Dan saat Lebaran makanan ringan ini pastinya harus ada. Kolang-kaling yang kenyal disajikan dalam rasa manis dan beragam warna, bisa dimakan langsung ataupun dijadikan tambahan dalam es campur.


2. Tape uli

Dari Bobo.grid disebutkan bahwa tapai atau tape uli jadi lambang eratnya persaudaraan atau kekeluargaan. Ini karena dahulu membuatnya harus bersama-sama. Biasanya ibu-ibu yang memasak beras ketannya dan bapak-bapak yang menumbuknya sampai halus.

Tape uli adalah kue yang berasal dari proses peragian atau fermentasi ketan dan uli. Disajikan dalam bentuk kue basah, makanan ini menjadi salah satu kue yang wajib ada untuk meramaikan suasana Lebaran orang Betawi.


3. Kue satu

Dinamakan kue satu karena dalam proses pembuatannya kue ini harus dicetak satu persatu menggunakan cetakan kayu, kemudian diketuk-ketuk cetakannya hingga kue ini keluar. Kue yang merupakan warisan kuliner Tionghoa ini terbuat dari tepung kacang hijau yang ditumbuk bersama gula pasir hingga halus. Kue ini akan terasa manis dan lumer di mulut ketika dimakan.


4. Kue kembang goyang

Terbuat dari tepung beras kemudian dicetak dengan cetakan berbentuk kembang dan dilepaskan dari cetakan dengan cara digoyang-goyang, kue ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue kembang goyang sangat mudah ditemukan di pasar tradisional di Jakarta, harganya yang cukup terjangkau dan teksturnya yang renyah akan meramaikan suasana kumpul lebaran.
 

5. Kue biji ketapang

Kue berbentuk pipih dengan rasa yang manis, renyah, gurih ini terbuat dari tepung terigu dan santan kelapa. Kue ketapang menjadi salah satu hidangan wajib bagi orang Betawi ketika lebaran. Kue ketapang dimasak dengan cara digoreng untuk mendapatkan rasa renyah, simpan kue ini dalam wadah yang tertutup untuk menjaga kerenyahan serta cita rasa kue. (TIN)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif