5 Makanan Ini Dapat Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Segar Selama Cuaca Panas

5 Makanan Ini Dapat Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Segar Selama Cuaca Panas

Grafis cuaca ekstrem
18 Mei 2022 18:51
Kondisi panas terik akhir-akhir ini sedang dirasakan oleh sebagian masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, melansir dari Instagram resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), cuaca panas diperkirakan dapat berlangsung hingga pertengahan Mei 2022. 

Mengutip dari HealthShots, Kamayani Naresh, Ahli Nutrisi dan Kesehatan, Zyropathy, menyebutkan ada beberapa buah dan sayuran yang bisa membuat tubuhmu tetap segar selama cuaca panas, di antaranya:

1. Buah-buahan segar
Berbagai buah-buahan berair adalah makanan terbaik untuk dikonsumsi selama cuaca panas. Buah jeruk seperti lemon, jeruk nipis, jeruk bali, mangga, jeruk, nanas, stroberi, dan tomat kaya akan vitamin C. Juga, mengandung vitamin lain seperti A, B, E, dan K. 

2. Kedelai
Makan daging di musim panas sebaiknya dihindari karena dapat melepaskan lebih banyak panas tubuh saat dimetabolisme. “Kedelai adalah pengganti yang sempurna untuk telur dan daging. Ini kaya akan mineral makanan, protein, dan vitamin B," kata Naresh. Kamu bisa memilih olahan kedelai seperti tempe dan tahu untuk dikonsumsi selama cuaca panas. 

3. Jamur
Jamur kaya akan vitamin D, vitamin B, tembaga, kalium, dan selenium serta memiliki kalori yang rendah. Ini mengandung nutrisi yang menjaga irama jantung dan produksi sel darah merah. Jamur adalah salah satu makanan yang sempurna untuk dimakan di musim panas karena mereka dapat meningkatkan fungsi saraf.

4. Sayuran segar
Naresh menyebutkan bahwa paprika, brokoli, kubis, kembang kol, mentimun, bayam, tomat, dan zucchini adalah beberapa sayuran musim panas yang tidak boleh dilewatkan. Mereka tinggi antioksidan, serat, dan vitamin. Sayuran ini juga membantu dalam menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Jagung
Ini adalah makanan paling bergizi untuk dimakan di musim panas karena kaya akan serat, mineral, dan vitamin A, B, dan E. Jagung dapat mengurangi risiko degenerasi makula (yang umumnya menyebabkan kebutaan di usia tua) karena juga mengandung lutein dan zeaksantin.

Baca selengkapnya di sini

Dok: Medcom.id
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif