6 Perilaku Baru yang Menempel karena Covid-19

6 Perilaku Baru yang Menempel karena Covid-19

Grafis Virus Korona
04 Mei 2021 10:13
Jakarta: Keberadaan covid-19 membuat kita menerapkan karantina di rumah dalam waktu yang lama. Tanpa disadari, keadaan ini membuat kita mengadopsi perilaku baru yang ingin atau tak ingin untuk dipertahankan.

Berikut beberapa perilaku baru yang mungkin menempel di kamu karena karantina covid-19 yang dikutip dari Psych Central:
 
1. Mengalami mimpi yang nyata

Meskipun tidak direncanakan, mengalami mimpi yang nyata telah menjadi hal yang biasa bagi banyak orang. Itu semua tergantung pada peningkatan stres dan emosi intens yang kita rasakan.

“Mimpi aneh bisa terjadi karena berbagai alasan, tapi salah satu alasannya adalah stres,” kata Taylor Hiers, konselor profesional berlisensi dengan Thriveworks.

Manusia secara alami memimpikan, secara tidak langsung hal-hal yang terjadi dalam kehidupan nyata. Jika tahun karantina menyebabkan tingkat stres apa pun, ini seringkali terjadi dalam mimpi kita.

"Jika kamu menyadari bahwa mimpi meningkat dalam skenario stres, atau kamu bangun dengan perasaan lebih buruk daripada saat kamu pergi tidur, stres kemungkinan menjadi faktornya," tambahnya.

Kabar baiknya adalah, memproses mimpi yang kamu ingat dapat membantumu untuk memahaminya. Jadi buku harian mimpi dapat membantu mengenali stres dan bahkan mungkin melakukan sesuatu untuk mengatasinya.
 
2. Mencari rekreasi online

Dengan tidak adanya liburan keluar, jutaan orang mencari rekreasi barunya. Banyak tur museum, tur virtuak luar negeri, dan konser yang disiarkan online.
 
3. Mengubah rutinitas olahraga

Banyak gym tutup sehingga kita pun tetap berusaha untuk memompa jantung dengan sesederhana mungkin. Seperti berjalan-jalan di lingkungan sekitar dan memulai kembali bersepeda dan sepatu roda. Karena bergerak meningkatkan semua aspek kesejahteraan, kebiasaan ini perlu untuk dipertahankan.
 
4. Begadang

Banyak yang mengabaikan waktu tidur nonton atau melakukan aktivitas seru lainnya. Alhasil, banyak dari kita yang membalas kurang tidur ini dengan bangun lebih siang. Kebiasaan ini tidak perlu kamu pertahankan karena dapat memengaruhi suasana hati jadi lebih buruk hingga peningkatan risiko kanker.
 
5. Binge watching atau maraton nonton

Untuk menghabiskan waktu di rumah, banyak dari kita yang streaming selama pandemi. Menonton seluruh serial dalam satu hari adalah cara yang populer. Kamu perlu hati-hati karena pesta nonton telah dikaitkan dengan depresi, kesepian, kurang tidur, kelelahan, dan gangguan suasana hati.
 
6. Mengembangkan kebiasaan belanja baru

Menurut sebuah laporan oleh J.P. Morgan, covid-19 secara dramatis mengubah cara kita berbelanja untuk segala hal baik elektronik, bahan makanan, pakaian, atau kebutuhan penting lainnya. Mungkin belanja online menjadi lebih sering dilakukan.

Terapi eceran seperti ini dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan kecemasan. Tetapi perlu diingat bahwa kamu tidak boleh melakukannya berlebihan. Pastikan kamu membeli barang online untuk alasan yang benar. dok Medcom.id
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif