Bogor Operasikan Rumah Sakit Lapangan

Bogor Operasikan Rumah Sakit Lapangan

Grafis Virus Korona
19 Januari 2021 09:39
Pemerintah Kota Bogor membuka rumah sakit lapangan untuk menampung pasien covid-19. Rumah sakit yang mulai beroperasi kemarin terletak di wisma atlet di Gelanggang Olahraga Pajajaran di Jalan Pemuda.

Peresmian operasionalisasi rumah sakit dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya bersama Kepala Pusdiklat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang mewakili Kepala BNPB Doni Monardo, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Wakil Ketua DPD Jabar Ahmad Ruyat, disaksikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui aplikasi Zoom.

Bima Arya mengatakan penyedian RS lapangan tersebut untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan yang saat ini kondisinya darurat. Ia mengatakan setiap hari menerima keluhan dari warga yang kesulitan mendapatkan akses layanan kesehatan karena kondisi seluruh rumah sakit di Kota Bogor penuh akibat melonjaknya penderita covid-19.

“Bed okupansi dengan rasio sangat jauh di atas normal. Kalau angka rasio jauh di atas, mutlak dilakukan penambahan. Penambahan tempat tidur, penambahan alkes, dan fasilitas layanan lainnya,”kata Bima.

Karena kondisi yang ada, penyediaan rumah sakit lapangan ini, dilakukan dengan kejar target. Bima mengatakan dengan kecepatan respons dan dukungan dari BNPB dan berbagai pihak, RS Lapangan Kota Bogor tuntas dalam waktu dua minggu saja.

“BNPB sigap merespons. Tidak berbelit-belit, langsung taktis. Hanya dua minggu menuntaskan rumah sakit ini. Ini sudah sistem dan semua SOP dipenuhi,”ungkapnya.

Di RS Lapangan Kota Bogor ini ada 64 tempat tidur. Sebanyak 56 tempat tidur di ruang perawatan dan 8 IGD. Selain itu, ada 44 perawat, 10 dokter spesialis, dan 10 dokter umum yang bertugas di rumah sakit ini.

Perawatan pasien di rumah sakit tersebut sesuai standar RSUD Kota Bogor dengan fasilitas rawat inap, laboratorium, PCR swab berulang, rontgen radiologi, spesialis paru, speialis penyakit dalam, fisioterapi, dan radiologi.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan apresiasinya dengan inovasi Pemkot Bogor dengan menyediakan rumah sakit lapangan tersebut. “Bersiap-siap juga Pak Bima, jika kasus meningkat untuk membangun rumah sakit lapangan lain mulai dari sekarang. Kita riset untuk tempat yang bisa dikonversi untuk perawatan,”ungkap Kang Emil, panggilan akrab Gubernur Jabar. Dok.MI
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif