6 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

6 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Grafis whatsapp
25 Februari 2021 19:31
Jakarta: Pernahkah kamu kehilangan kontak di aplikasi WhatsApp secara tiba-tiba? Tentu hal itu menyebalkan bukan? Apalagi jika yang hilang adalah nomor orang-orang penting.

Namun, kamu tak perlu khawatir berlebihan, karena ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kontak-kontak penting di WhatsApp lho! Melansir dari beberapa sumber, yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Bersihkan data cache WhatsApp
Jika kontak WhatsApp kamu tiba-tiba hilang, kemungkinan penyebab pertamanya adalah data cache. Cache berfungsi untuk menyimpan data secara sementara, namun jika kamu jarang membersihkannya, itu akan membuat memori ponsel kamu penuh dan kinerjanya menjadi lemot. 

Dengan begitu, ada kemungkinan kontak-kontak di aplikasi WhatsApp kamu tiba-tiba hilang karena proses loading yang lama.

Nah, untuk membersihkan cache caranya cukup sederhana. Pertama masuk ke Settings lalu Application, kemudian pilih WhatsApp. Setelah muncul tampilan Apps Info, langsung pilih menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache. Jika sudah, coba restart ponsel kamu dan periksa kembali kontak kamu di aplikasi WhatsApp.
 
2. Aktifkan menu Permission
Jika kontak di WhatsApp kamu tiba-tiba hilang, ada kemungkinan menu permission di ponsel kamu belum diaktifkan. Biasanya, kontak akan hilang setelah WhatsApp tidak terkoneksi atau saat kamu tidak sengaja melakukan restart pada ponsel.

Nah, untuk menghindari hal itu, kamu harus mengaktifkan menu Permission di ponsel kamu. Caranya, masuk ke menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp kamu agar sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan kontak hilang secara tiba-tiba.
 
3. Tampilkan semua kontak di WhatsApp
Penyebab ketiga yang mungkin terjadi tanpa kamu sadari adalah keliru memilih pengaturan tampilan kontak. Untuk mengatasinya, cobalah masuk ke menu Settings lalu Contact dan cek list opsi Display all contacts.
 
4. Menggunakan kontak cadangan di Google
Jika cara-cara di atas masih kurang ampuh untuk mengembalikan kontak-kontak kamu yang hilang, cobalah menggunakan data cadangan dari Google. Karena biasanya kontak WhatsApp itu terintergerasi dengan akun Google.

Caranya, masuk ke menu settings di aplikasi kontak ponsel kamu, lalu cari menu Contact to display, dan cek list akun Google tempat kamu mencadangkan kontak. Setelah itu, Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan kontak yang tiba-tiba hilang akan muncul kembali!
 
5. Gunakan histori chat WhatsApp
Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan histori obrolan. 

Cara ini sangat mudah, kamu hanya perlu mencari nomor tanpa nama pada daftar chat atau cari dengan menggunakan kata kunci pada kolom Search. Jika sudah ketemu, kamu cukup menyimpan nomornya lagi.
 
6. Hapus dan install ulang WhatsApp
Cara terakhir yang mungkin tidak kamu sukai adalah dengan menghapus dan menginstall ulang aplikasi WhatsApp di ponsel kamu. Cara ini kemungkinan akan membuat data WhatsApp kamu hilang, jadi sebelum melakukannya sebaiknya backup data terlebih dahulu ya! Dok Medcom.id
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif