Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20

Keuntungan Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20

15 November 2022 11:58
Jakarta: Indonesia menjadi tuan rumah atau Presidensi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2022 pada 15-16 November 2022.

Indonesia merupakan salah satu anggota G20 dan mejadi Presidensi G20. G20 atau Group of Twenty adalah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.

Dilansir dari Kemenkeu.go.id, berikut keuntungan dan manfaat Indonesia menjadi bagian dari G20 di antaranya adalah momentum untuk menunjukkan pesona Tanah Air serta mendorong laju ekonomi negara.

Mendapatkan manfaat dari informasi dan pengetahuan lebih awal tentang perkembangan ekonomi global, potensi risiko yang dihadapi, serta kebijakan ekonomi yang diterapkan negara lain terutama negara maju.  Dengan demikian, Indonesia mampu menyiapkan kebijakan ekonomi yang tepat dan terbaik.

Dapat memperjuangkan kepentingan nasionalnya dengan dukungan internasional lewat forum ini.

Nama dan prestasi Indonesia juga semakin dikenal dan diakui oleh berbagai organisasi dan forum internasional.

Indonesia juga berpotensi dapat mengantisipasi, beradaptasi, dan menjalankan secara cepat kesepakatan internasional.

Keanggotaan dalam G20 juga membuka peluang besar bagi Indonesia untuk belajar dan membandingkan pengalaman pembangunan dari negara-negara lain.

Selanjutnya, keterlibatan dalam G20 memberikan referensi dan tekanan internasional untuk mendorong terobosan domestik. Dalam forum G20, Indonesia menunjukkan peran dan keterlibatannya dengan selalu menerapkan hasil pertemuan G20. Dok. Kemenkeu.go.id
(WWD)

Grafis KTT G20

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif