Beberapa Cara Mengurangi Rasa Takut saat Naik Pesawat

Beberapa Cara Mengurangi Rasa Takut saat Naik Pesawat

Grafis Pariwisata
06 Mei 2022 19:11
Jakarta: Tidak sedikit orang yang memiliki rasa takut akan ketinggian, salah satunya adalah rasa panik ketika menaiki pesawat terbang. Seseorang yang takut ketika menaiki pesawat selalu berpikir bahwa akan selalu ada hal-hal buruk yang terjadi ketika mereka naik pesawat terbang.

Padahal sebenarnya, hal-hal tersebut belum tentu terjadi dan rasa takut itu hanyalah pemikiran mereka saja. Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa hal ketika sedang naik pesawat terbang, agar bisa mengurangi rasa takut yang dirasakan terhadap ketinggian.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa takut saat naik pesawat terbang, menurut The Independent:
 

1. Mengetahui cara kerja pesawat terbang

Salah satu alasan utama orang takut terbang adalah kurangnya pengetahuan tentang bagaimana pesawat dapat terbang. Pilot British Airways, Kapten Steve Allright mengatakan, daya angkat pesawat terjadi karena sayap pesawat yang bergerak di udara, yang menggunakan prinsip fisika dan itu sangat normal.
 

2. Percaya pada pilot

Percayakan kepada pilot yang bertugas, mereka yang menerbangkan pesawat merupakan orang-orang yang memang sudah kompeten di bidangnya. Mereka juga sudah melalui proses ketat sehingga bisa melakukan tugasnya dengan profesional.

"Pilot adalah profesi yang cukup sulit dan mereka akan diuji ulang dan dilatih ulang setiap enam bulan selama karier mereka," ujar kapten Allright.
 

3. Memahami mengenai turbulensi

Turbulensi dalam pesawat terbang mungkin membuatmu tidak nyaman, tetapi bukan berarti bahwa itu berbahaya. Menurut Kapten Allright, turbulensi terjadi karena alam dan sangat aman. Sebab pesawat dirancang untuk dapat menahan turbulensi yang paling parah sekalipun.
 

4. Atur napas

Ketika merasa panik, mungkin akan sulit untuk mengatur napas. Ada cara yang bisa dilakukan ketika kamu mengalaminya, tarik napas lalu tahan empat detik, begitu juga hembuskan napas selama empat detik untuk mencegah rasa cemas berlebihan. Selain itu, usahakan juga untuk selalu berpikiran positif. (FIR)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif