Indonesia Waspada Omicron

Indonesia Waspada Omicron

Grafis covid-19
29 November 2021 19:00
PEMERINTAH Indonesia melarang masuk warga negara asing (WNA) yang memiliki riwayat perjalanan selama 14 hari terakhir ke-11 negara untuk mengantisipasi masuknya covid-19 varian baru B.1.1.529 atau omicron.

Ke-11 negara tersebut ialah Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambik, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Anggola, Namibia, dan Hong Kong.

"Kebijakan ini akan segera diberlakukan dalam waktu 1 x 24 jam," kata Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, tadi malam.

Luhut mengungkapkan, daftar negara-negara tersebut bisa berkurang atau bertambah berdasarkan evaluasi secara berkala yang dilakukan pemerintah.

"Kita akan melihat 14 hari ke depan. Namun, kita akan terus mengevaluasi dari hari ke hari," tegasnya.

Sementara itu, warga negara Indonesia (WNI) yang dalam 14 hari terakhir berkunjung atau datang dari 11 negara tersebut diperkenankan untuk kembali ke Indonesia. Ketentuan itu diikuti dengan keharusan menjalani masa karantina selama 14 hari.

Selain itu, pemerintah juga memperpanjang durasi karantina bagi WNI dan WNA yang datang dari luar negeri yang sebelumnya tiga hari menjadi tujuh hari masa karantina.

"Kebijakan pengetatan pintu masuk itu berlaku mulai 29 November 2021 pukul 00.00 waktu Indonesia," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan sebanyak 128 kasus varian omicron dipastikan muncul di sembilan negara. Varian baru ini diduga juga muncul di empat negara lain yang saat ini masih dalam penelitian yang melibatkan pakar virologi.

"Masih mungkin ada empat negara lainnya. Total ada 13 negara, 9 sudah pasti ada, 4 negara masih kemungkinan ada," katanya.

Budi meminta semua pihak untuk tidak memperburuk keadaan dengan menyebarkan kabar burung yang belum pasti kebenarannya.

"Masyarakat tetap tenang dan mengikuti anjuran para ahli ataupun kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi ini," pintanya. Dok. Medcom.id
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif