Sembelit saat Berpuasa, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Sembelit saat Berpuasa, Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan

Grafis kesehatan
14 April 2022 16:18
Jakarta: Ketika sedang berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Hal ini bisa membuat tubuh dehidrasi hingga lemas. Selain itu, pola makan yang berubah ketika berpuasa juga bisa menyebabkan sistem pencernaan berubah sehingga menimbulkan terjadinya sembelit.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, ada lima yang bisa kamu lakukan dilansir dari Health!

Mengonsumsi lebih banyak serat

Pada saat berpuasa, kita hanya diperbolehkan makan pada waktu sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, penting sekali untuk memastikan asupan makanan kaya akan serat. Makan pagi yang kaya serat dapat membantu mengurangi kemungkinan sembelit.

"Oatmeal bisa menjadi pilihan yang cepat dan mudah. Makanan ini kaya akan serat sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Pilihan mudah lainnya untuk sahur adalah smoothie dengan buah yang tinggi air, seperti kacang, yogurt, chia seeds, dan flax seed untuk tambahan serat ekstra," kata Samina Qureshi, RDN, ahli diet.

Minum lebih banyak air putih

Air dan serat harus berjalan beriringan. “Meningkatkan asupan serat tanpa menambahkan cairan yang cukup dapat menyebabkan lebih banyak sembelit,” kata Qureshi.

Mungkin sulit untuk memenuhi kebutuhan tubuh saat berpuasa. Untuk membantu mengatasi masalah ini, sebaiknya kamu rutin minum air putih secara teratur pada malam hari daripada minum sekaligus saat berbuka puasa atau sahur.

Sesuaikan posisi saat BAB

Buang air besar (BAB) dalam posisi jongkok atau semi jongkok adalah cara yang paling alami bagi tubuh kita dan mencegah mengejan berlebihan. Kamu bisa menggunakan toilet jongkok untuk melakukannya. Atau jika tidak ada, kamu juga bisa menggunakan bangku kaki atau buku di bawah kaki untuk menciptakan posisi jongkok saat buang air besar.

Melakukan latihan pernapasan

Menurut sebuah tinjauan studi di Medicines, pernapasan diafragma adalah pernapasan lambat dan dalam yang memengaruhi otak dan sistem kardiovaskular, pernapasan, serta gastrointestinal melalui modulasi fungsi saraf otonom.

Ada banyak manfaat potensial untuk latihan pernapasan dan membantu memperbaiki sembelit adalah salah satunya. Cobalah untuk menarik napas dalam-dalam secara teratur setiap hari, terutama saat mencoba buang air besar untuk membantu melancarkan buang air besar.

Aktif bergerak

Ketika berpuasa mungkin sulit untuk bisa aktif bergerak, tetapi berjalan kaki dapat membantu mengatasi sembelit. Cobalah untuk melakukan jalan kaki 15 menit dua kali sehari untuk mengatasi sembelit. Atau bisa melakukannya sekitar 20-30 menit setelah berbuka puasa. Sumber: Health/Medcom.id/Gaya (yyy)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif