Langkah-langkah Membersihkan Mobil Usai Mudik Lebaran

Langkah-langkah Membersihkan Mobil Usai Mudik Lebaran

Grafis Mudik Lebaran
19 Mei 2022 18:59
Jakarta: Setelah urusan mesin dan komponen mekanis mobil sudah dicek performanya, hal lain yang perlu dilakukan usai mudik dengan mobil pribadi adalah membersihkan mobil. Tak dipungkiri, kondisi cuaca yang tidak menentu sepanjang perjalanan membuat eksterior dan interior mobil kotor.
 
Kondisi yang tidak menentu, mulai dari debu, lumpur, sampai serpihan aspal biasanya menempel di bagian body. Belum lagi sisa-sisa kotoran yang ada di interior, seperti sisa makanan atau lumpur bekas kaki, juga biasanya hingga.
 

Auto2000 memberikan langkah-langkah untuk membersihkan mobil usai lebaran


1. Persiapan Sebelum Mencuci Mobil  

Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti air bertekanan, kain chamois, kain mikrofiber, sampo mobil, ember, cairan pembersih dan bahan perawatan mobil. Pastikan seluruh alat yang digunakan dalam kondisi baik sehingga tidak merusak permukaan cat mobil atau panel interior.

Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung dan usahakan di pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu dingin atau panas. Keluarkan seluruh barang pribadi dari dalam mobil untuk memudahkan proses pembersihan.   

2. Mencuci Body Mobil  

Anda bisa memulai dengan menyemprot menggunakan air bertekanan dari kolong mobil dan ban untuk merontokkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan. Pastikan kolong mobil bersih untuk menghindari timbulnya karat. Selanjutnya beralih ke body mobil yang dimulai dari bagian atap supaya kotoran dapat bergerak turun dengan baik.  
 
Selanjutnya Anda bisa menggunakan sampo mobil untuk membersihkan body mobil dan dibilas untuk meluruhkan kotoran. Gunakan kain mikrofiber untuk mengeringkan sisa air mencuci mobil.
 
Lap secara merata dan pastikan mobil kering sempurna agar tidak timbul water spot atau jamur di body dan kaca mobil. Lakukan pemeriksaan pada bagian yang punya potensi menyimpan air, seperti panel pintu, wiper, tutup tangki, celah gril dan foglamp, serta pertemuan antara pintu dan rangka mobil.  

3. Membersihkan Ruang Mesin  

Sebaiknya tidak mencuci ruang mesin mobil dengan air bertekanan tinggi. Cukup memakai lap atau mikrofiber basah untuk mengangkat kotoran di ruang mesin.
 

4. Membersihkan Kabin Mobil  

Sama seperti eksterior dan kompartemen mesin, Anda harus hati-hati juga ketika membersihkan interior mobil. Mulai dengan mengeluarkan seluruh karpet mobil dan dicuci menggunakan sabun pembersih.

Pastikan karpet mobil kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga tidak lembab dan bau. Pakai vacum cleaner untuk membersihkan seluruh bagian dalam mobil. Sedangkan bagian jok berlapis kulit sintetis cukup diseka bermodalkan air hangat atau interior cleaner dan kain chamois.
 
Interior cleaner dapat pula dimanfaatkan untuk membersihkan noda membandel dan seka dengan kain mikrofiber. Bersihkan pula panel kabin mobil yang sering dipegang seperti setir, tuas transmisi, dan panel pintu untuk menghilangkan kotoran.  


5. Pastikan Bagasi Mobil Bersih  

Jangan lupakan juga bagian bagasi mobil. Keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, serta pastikan kering supaya tidak lembab dan bau.
 
Pakai vacum cleaner untuk membersihkan segala sudut dan celah bagasi untuk memastikan kotoran hilang. Perhatikan tempat penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang menyelinap sekaligus membersihkan ban serep dan pelek. (ERA)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif