Mengenal VSED, Dugaan Penyebab Kematian Keluarga di Kalideres

Mengenal VSED, Dugaan Penyebab Kematian Keluarga di Kalideres

29 November 2022 16:51
Jakarta: Secara sukarela berhenti makan dan minum. Ya, kemungkinan ini diduga dilakukan oleh keluarga yang meninggal di daerah Kalideres, Jakarta Barat. Empat orang yang menempati rumah tersebut disinyalir sengaja tidak makan atau minum hingga menyebabkan kematian. Inilah yang sedang ramai diperbicangkan di sosial media, terkait kasus kematian mereka.

Pasalnya, ketika bagian forensik memeriksa, tidak ditemukan sisa makanan di lambung maupun persediaan makanan di rumah tersebut.

Dari kondisi tersebut, mucullah istilah Voluntarily Stopping Eating and Drinking (VSED) atau secara sukarela berhenti makan dan minum. Namun, apa sebenarnya VSED itu sendiri?

Melansir dari Compassion and Choices, VSED adalah ketika individu (dewasa) yang mampu secara mental memutuskan untuk mengendalikan kematian mereka sendiri dengan membuat keputusan sadar untuk menolak makanan dan cairan apa pun, termasuk nutrisi dan/atau hidrasi buatan, untuk mempercepat waktu kematian mereka.
 

Apa alasan melakukan VSED?


Banyak orang bergumul dengan penderitaan kronis atau gangguan progresif yang tak tersembuhkan. Orang lain mungkin memutuskan bahwa mereka "selesai" begitu saja setelah delapan atau sembilan dekade menjalani kehidupan sepenuhnya.

Kehendak bebas dan kemampuan untuk memilih adalah landasan untuk mempertahankan kualitas hidup dan martabat seseorang di hari-hari terakhirnya.

Tentunya semua itu harus didukung dengan pengasuhan sehingga individu yang bertekad dan terinformasi dengan baik dapat berhasil memilih opsi akhir kehidupan untuk berhenti makan atau minum secara sukarela, yang juga dikenal sebagai VSED.

Beberapa orang juga melakukannya agar bisa meninggal di rumah dengan tenang dan menganggapnya sebagai 'kematian alami'.

Seperti apa proses VSED?


Proses pasti kematian akibat VSED terungkap dengan cara yang unik untuk setiap orang dan bergantung pada keadaan fisik, mental, dan emosional.

Sulit untuk memprediksi dengan tepat kapan akhir itu akan tiba, ini tergantung pada orang tersebut. Mulai dari kondisi, usia, penyakit, obat-obatan yang sebelumnya dikonsumsi, sampai kesiapan untuk 'melepaskan'.

Dalam melakukan VSED, biasanya seseorang mengalami proses, antara lain:


- Dalam beberapa hari pertama puasa, beberapa orang mungkin tetap aktif seperti sebelumnya, tetapi banyak yang akan segera menjadi lemah, lelah, dan semakin mengantuk

- Begitu mereka mulai merasa pusing dan lemah, gerakan membutuhkan bantuan untuk mencegah jatuh atau kecelakaan

- Kelemahan atau pusing dapat terjadi secara tiba-tiba, oleh karena itu perawatan 24 jam dianjurkan setelah puasa dimulai

- Kewaspadaan mental digantikan oleh waktu tidur yang semakin lama

- Dalam banyak kasus individu akhirnya tidak dapat dibangunkan dan tetap dalam keadaan tidak sadar atau koma

- Beberapa individu memiliki periode kewaspadaan selama proses tersebut hingga kematian. Dehidrasi akibat VSED memengaruhi ginjal dan jantung, dan sistem organ lain dalam tubuh mulai mati

Untuk orang yang sakit parah, prosesnya mungkin memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu setelah asupan makanan dan air berhenti. Beberapa orang mengalami ketidaksadaran hanya dalam dua hingga tiga hari. Bagi mereka yang tidak sakit parah, lamanya waktu kematian cenderung lebih lama.
 

Tetap harus ada pelayanan medis


Metode VSED tetap membutuhkan dukungan dari layanan media karena beberapa alasan. Obat nyeri dosis kecil atau obat anticemas umumnya diperlukan untuk memfasilitasi keadaan kehilangan kesadaran menjelang kematian seseorang.

Pun saat ajal semakin dekat, beberapa orang menjadi gelisah atau menderita halusinasi sehingga obat penenang harus tersedia dan diberikan segera. Dokter atau pihak rumah sakit juga diperlukan untuk menandatangani sertifikat kematian. Dok. Medcom.id/gaya
(WWD)

Grafis VSED

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif