Efek Samping Vaksin Sinovac

Efek Samping Vaksin Sinovac

Grafis Virus Korona
21 Januari 2021 11:49
HINGGA saat ini, Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) mengaku telah menerima 30 laporan KIPI yang bersifat ringan dan tidak ada reaksi serius dari para tenaga kesehatan hingga memerlukan
perawatan intensif.

“Semua kondisinya sehat. Jadi, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini. Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai efek vaksinasi,” kata Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari dalam acara dialog Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu, 20 Januari 2021.

Komnas KIPI merupakan lembaga independen yang bertugas mengkaji secara spesifik kejadian pascaimunisasi. “Komnas KIPI diangkat Menteri Kesehatan dengan masa kerja empat tahun dan sudah ada sejak 1998, jadi sudah 22 tahun mengawasi KIPI,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian yang mendapat giliran disuntik vaksin covid-19 CoronaVac di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, mengaku tidak merasakan apa-apa setelah divaksinasi.

“Jujur saja, bagi saya tidak terasa apa-apa, canggih memang yang nyuntik, dan kondisi kita juga dinyatakan baik, dilakukan observasi, setelah itu 30 menit dinyatakan stabil,” ujar Tito.

Selain Mendagri Tito, vaksinasi dilakukan juga pada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mendagri dijadwalkan mendapat suntikan vaksin dosis kedua pada 3 Februari 2021.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan ada 8 dari ribuan tenaga kesehatan di sana yang mengalami KIPI pascavaksinasi covid-19, tetapi derajatnya ringan dan tidak parah. “Hanya pegal-pegal, ngantuk, dan sekarang semua sudah membaik,” kata Ganjar. Dok.MI
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif