Cara Turunkan Berat Badan yang Sehat Selama Puasa Ramadan

Cara Turunkan Berat Badan yang Sehat Selama Puasa Ramadan

Grafis kesehatan
20 April 2022 10:28
Jakarta: Selain untuk beribadah, momen puasa selama sebulan ini juga sering dijadikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Namun kenyataannya, sebagian orang justru mengalami kenaikan berat badan setelah beberapa hati berpuasa. Tak hanya berat badan, kadar gula darah, kolesterol, bahkan tekanan darah pun ikut melonjak.

Studi menunjukkan bahwa orang yang menjalankan puasa dan akhirnya berhasil menurunkan berat badan, biasanya melakukan beberapa penyesuaian sederhana dalam rutinitas sehari-hari.

Nah, sebagaimana yang telah dinukil dari Times of India, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah menurunkan berat badan. Mau tahu? Yuk, kita simak penjelasan yang diberikan.
 
Batasi asupan gula
Menahan diri dari makanan dan air sepanjang hari dapat membuat kita merasa lelah dan lemah. Mengonsumsi gula di malam hari dapat memberi energi instan sekaligus dapat membuat lesu setelah beberapa saat.

Gula yang tinggi, kalori berlebihan justru membuatmu bertambah gemuk. Jadi, perhatikan gula yang kita konsumsi saat berbuka puasa.

Makan gizi seimbang
Alih-alih menikmati makanan manis dan makanan yang digoreng, pilihlah makanan yang lebih seimbang dalam diet kamu. Makanan kaya serat seperti sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks dapat membuat kenyang lebih lama.

Mengonsumsi makanan tersebut dapat mmbuat kamu tetap kenyang dan mencegah makan berlebihan. Makanan sehat rendah kalori juga akan membantu menjaga berat badan yang sehat.
 
Nikmati makananmu perlahan
Saat berbuka puasa di malam hari, jangan terburu-buru menelan makanannya. Pelan-pelan, ambil gigitan kecil dan nikmati setiap suapnya. Ketika makan cepat, otak tidak dapat mengenali kapan perut kamu kenyang. Akibatnya makan akan lebih banyak dari biasanya. Mengunyah perlahan dan menikmati setiap gigitan memberi waktu bagi otak untuk mengenali tanda kenyang.
 
Makan dalam porsi kecil
Saat berbuka puasa, jangan makan semua makanan sekaligus. Makanlah dalam porsi kecil saat berbuka, lalu makan malam satu atau dua jam setelahnya. Juga, pastikan makan malam seimbang dengan proporsi lemak, karbohidrat, protein, dan sayuran yang tepat.
 
Minum air
Untuk mengimbangi puasa 12 jam cobalah minum lebih banyak air setelahnya. Seseorang perlu minum setidaknya dua sampai tiga liter air sehari. Cobalah untuk mengompensasi ini selama periode non-puasa. Kurangnya asupan air juga bisa membuat kamu merasa lapar di penghujung hari. Air juga penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh.
 
Bergerak!
Selesai berbuka jangan langsung tidur atau berbaring di sofa sepanjang malam. Yang terbaik adalah bergerak sedikit untuk membakar kalori dan menghindari penumpukan lemak di area perut. Bergerak sedikit setelah berbuka puasa juga dapat membantu mencerna makanan dan mencegah kembung. Sumber: Times of India/Medcom.id/gaya (TIN)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif