5 Hal yang Bikin Kangen Saat 17 Agustus

5 Hal yang Bikin Kangen Saat 17 Agustus

18 Agustus 2022 15:06
Jakarta: Bagi rakyat Indonesia, bulan Agustus menjadi bulan yang bersejarah. Pasalnya, tepat pada tanggal 17 Agustus 1945, Proklamator, Presiden Soekarno dan wakilnya Moh. Hatta menyatakan bahwa Indonesia telah merdeka dari belenggu penjajahan Jepang.

Dan sebagai generasi penerus, kita tinggal mengisi sekaligus mempertahankan kemerdekaan agar kejadian dulu tidak terulang kembali.

Dan untuk memperingati hari bersejarah tersebut, bangsa Indonesia pun kerap menyemarakan kemeriahan di hari kemerdekaan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan khas 17 Agustus yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Secara tidak sadar, banyak hal yang menjadi ciri khas atau kebiasaan yang hanya ada pada saat memperingati hari kemerdekaan ini. Mau tahu? Yuk, intip, beberapa momen atau kegiatan yang tidak ada pada bulan lainnya dan sudah pasti ngangenin!
 

1. Upacara 17 Agustus

Seperti yang sudah dirangkum dari berbagai sumber, kegiatan ini menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap tanggal 17 Agustus. Mulai dari upacara kenegaraan, instansi pemerintah, aparatur negara, sampai anak sekolah, wajib melakukannya.

Bahkan untuk upacara di Istana Negara, ada pasukan khusus Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera merah putih, di mana pasukan ini diambil dari murid-murid terpilih dari seluruh daerah di Indonesia.

Dan mereka akan membentuk formasi 17 - 8 - 45 sebagai bentuk barisannya. Pokoknya bisa ikut jadi tim Paskibraka ini, sesuatu banget, deh!

2. Ragam perlombaan

Walau terdengar biasa saja, tapi mengikuti lomba saat memperingati hari kermerdekaan tetap terasa beda. Sebut saja, lomba balap karung, lomba bawa kelereng, lomba makan kerupuk, atau lomba panjat pinang pasti langsung terlintas di benak kita saat diminta menyebutkan lomba-lomba yang biasa hadir pada 17 Agustus.

Mulai dari sekolah sampai lingkungan RT pun akan mengadakan perlombaan yang bisa menjadi momen yang paling ditunggu dalam keluarga. Bukan persoalan hadiah, tapi kemeriahan dan kebersamaan yang terjalin antarwarga.
 

3. Mempercantik lingkungan

Kalau perlombaan, mungkin hanya bersifat individu atau kelompok kecil, kegiatan ini biasanya melibatkan seluruh masayarkat setempat. Ya, membuat gapura agar berdir megah di ujung gang atau depan komplek area rumah juga kerap dilakukan dalam mengisi kegiatan saat 17 Agustus.

Biasanya, gapura ini dipenuhi gambar serta berbagai tambahan ornamen yang meramaikannya. Dekorasi nan apik dari gapura-gapura ini bisa jadi spot selfie warga dan anak-anak yang ingin mengabadikan momen 17 Agustusan ini.
 

4. Belanja hemat

Nah, bagi yang geamr belanja, rasanya ciri khas yang ada pada saat 17 agustus ini paling dinanti. Bagaimana tidak, dalam memperingati kewrdekaan Indonesia, biasanya banyak toko, mal, online shop yang memberikan promo menarik.

Bahkan kadang restoran pun ikut memberikan promo bagi pengunjung yang datang. Misal, bagi pengunjung yag bernama Agus atau lahir tepat pada tanggal 17 Agustus akan mendapat potongan harga khusus. Kalau begitu, jangan sampai lupa membawa kartu identitas, ya! Lumayan lho bisa dapat diskon.
 

5. Banyak berkibar bendera merah putih

Ciri khas yang satu ini, secara sadar tidak sadar hanya bisa kita dapati hanya saat 17 Agustus. Ya, mulai dari tanggal 1 Agustus, kita sering menemukan banyak penjual bendera, entah yang keliling dari satu tempat ke tempat lain, atau haya diam di satu titik.

Dan hampir di setiap sudut tempat terpasang bendera, mulai dari depan rumah, pinggi jalan, sampai ke dalam gang. Semua dihiasi oleh kibaran-kibaran bendera. Benar-benar terasa aura menyemarakkan hari jadi kemerdekaan negara kita tercinta. Nah, kamu juga jangan lupa untuk pasang bendera, ya. Merdeka! Dok: Medcom.id/Gaya
(WWD)

Grafis HUT 77 RI

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif