Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Mulai Januari 2021

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Mulai Januari 2021

Grafis Virus Korona
05 Januari 2021 09:38
Jakarta: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan vaksinasi covid-19 akan dibagi menjadi dua gelombang, yakni gelombang I periode Januari-April 2021 dan gelombang II April 2021-Maret 2022.

Dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Budi menyampaikan bahwa vaksinasi gelombang pertama diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan lansia.

"Vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di Indonesia ada 1,3 juta orang. Tahap kedua diberikan kepada petugas publik sekitar 17,4 juta, lalu lansia di atas 60 tahun yang jumlahnya 22,5 juta," kata Budi. 

Menkes menambahkan, prioritas vaksinasi bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan tersebut sejalan dengan yang juga dilakukan di negara lain.

Selanjutnya pada gelombang kedua, kata Budi, vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat rentan di daerah dengan risiko penularan tinggi sebanyak 63,9 juta dan masyarakat lain dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin yang berjumlah 77,4 juta.

"Tahap kedua ini rencananya akan dilakukan mulai April 2021 hingga Maret 2022 mendatang. Kita berharap semuanya dapat berjalan lancar," ujar Budi.

Budi mengatakan bahwa rencana vaksinasi sudah dikonsultasikan kepada badan independen Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI). Badan itu bertugas memberikan anjuran kepada Kemenkes. Dok.Medcom.id
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif