INDONESIA saat ini masih menghadapi pandemi covid-19. Hal ini menyebabkan banyaknya perubahan yang terjadi di tengah masyarakat. Salah satu kebiasaan yang mulai berubah ialah penggunaan platform digital untuk transaksi sehari-hari.
Menurut data Bank Indonesia pada 2020, nilai transaksi menggunakan platform digital mencapai Rp27,036 triliun. Hal ini didukung dengan tumbuhnya transaksi e-commerce atau belanja secara daring. Pada 2020 transaksi pada platform e-commerce mencapai Rp253 triliun.
Perubahan kebiasaan masyarakat ini berbanding lurus dengan tumbuhnya e-commerce di Indonesia. Menurut data perusahaan solusi e-commerce Sirclo, terdapat 12 juta pengguna baru e-commerce selama 3 bulan awal pandemi di Indonesia. Selain itu, pertumbuhan e-commerce juga mencapai 90% pada 2020.
Dalam melihat peluang ini, pemerintah terus berupaya mendorong perubahan kebiasaan masyarakat, salah satunya dengan memberikan diskon ongkir yang berlaku sebelum Idul Fitri 1442 H. Hal ini bertujuan mendorong masyarakat agar menggunakan platform e-commerce untuk menunjang kebutuhan Idul Fitri 1442 H. Dok.Media Indonesia Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News