Upaya Mengembalikan Kelestarian Ekosistem Mangrove di Indonesia

Upaya Mengembalikan Kelestarian Ekosistem Mangrove di Indonesia

Grafis Lingkungan
09 Desember 2021 08:40
KERUSAKAN lahan mangrove yang terjadi di Indonesia mendapat perhatian serius pemerintah. Berdasarkan catatan KKP terdapat 637 ribu hektare (ha) hutan mangrove dalam kondisi kritis. Data ini mengkhawatirkan karena peran hutan mangrove yang sangat penting bagi ekosistem baik di laut maupun di darat.

Hutan mangrove dapat memberikan ekosistem bagi perikanan dan mencegah erosi pada pesisir pantai. Selain berperan bagi ekosistem laut, hutan mangrove juga berperan bagi pengendalian iklim.

Hutan mangrove berperan menyimpan cadangan karbon 5-4 kali lebih besar daripada hutan daratan. Hal ini yang membuat pemerintah memberi perhatian khusus pada rehabilitasi hutan mangrove.

Keseriusan pemerintah ini terlihat dari bertambahnya lahan mangrove di Indonesia. Menurut data KLHK pada 2013-2019 terdapat 3.311.245 ha luas hutan mangrove, sedangkan pada 2021 terdapat 3.364.080 ha hutan mangrove di Indonesia.

Penambahan sebesar 52.835 ha ini memperlihatkan keseriusan pemerintah dalam melakukan rehabilitasi hutan mangrove di Indonesia. dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif