Potensi Tanaman Hias dari Berbagai Daerah di Pulau Jawa

Potensi Tanaman Hias dari Berbagai Daerah di Pulau Jawa

Grafis tanaman hias
19 Januari 2022 10:46
DAERAH dataran tinggi di Pulau Jawa, selain menghasilkan komoditas sayuran dan buah, juga menjadi tempat penghasil tanaman hias, semisal bunga mawar, krisan, anggrek, bambu keberuntungan, dan sedap malam.

Di daerah Kabupaten Cianjur, misalnya, bunga krisan menjadi komoditas yang paling dicari. Produksinya secara keseluruhan naik dari tahun ke tahun meski sempat turun karena pandemi covid-19 pada 2020. Tanaman hias yang memiliki nama latin Chrysantemum ini tumbuh subur di empat kecamatan di Kabupaten Cianjur, yaitu Sukaresmi, Cugenang, Cipanas, dan Pacet.

Tak hanya di Kabupaten Cianjur, bunga krisan juga tumbuh subur di Kabupaten Sukabumi, di antaranya di Kecamatan Sukaraja, Sukabumi, Cicurug, dan Cidahu. Selain krisan, Kabupaten Sukabumi memiliki komoditas lain yang jadi unggulan, yaitu bambu keberuntungan/lucky bamboo. Tanaman dengan nama Latin Dracaena ini bahkan diminati hingga mancanegara, sebut saja Arab Saudi, Qatar, Korea Selatan, bahkan Kanada.

Sementara itu, Kota Batu di Jawa Timur memiliki komoditas unggulan bunga mawar. Kota Batu bahkan merupakan pemasok terbesar bunga mawar di Indonesia. Produksinya bahkan mencapai puluhan juta hingga ratusan juta tangkai per tahunnya. Dok: Media Indonesia (Rkp)
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif