5 Tips Sebelum Meninggalkan Rumah jika Ingin Mudik

5 Tips Sebelum Meninggalkan Rumah jika Ingin Mudik

Grafis Mudik Lebaran
28 April 2022 16:19
Jakarta: Salah satu tradisi yang melekat ketika memasuki Hari Raya Idulfitri adalah mudik. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat yang merantau yang ingin kembali ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarganya.

Pada saat mudik, pemilik rumah biasanya akan meninggalkan rumahnya, sehingga rumah dalam keadaan kosong. Hal ini tentunya rawan terjadi tindak kejahatan seperti pencurian ataupun perampokan.

Agar mudik berjalan dengan aman dan lancar, berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan:

1. Membersihkan rumah

Meskipun terkadang membersihkan rumah bukanlah tujuan utama, sebenarnya hal itu bisa sangat bermanfaat ketika kamu akan melakukan mudik. Membersihkan cucian kotor, membuang makanan yang akan busuk dalam waktu dekat, mengecek saluran air dan listrik, dan membuang sampah, merupakan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum kamu pergi melakukan mudik.
 

2. Membayar seluruh tagihan

Jika kamu tidak membayar tagihan secara online, sebaiknya pembayaran tagihan-tagihan tersebut sudah diselesaikan sebelum kamu melakukan perjalanan mudik. Selain membuat mudik lebih aman, membayar tagihan ketika sedang berada di tempat umum juga bisa rawan untuk terjadi tindak kejahatan, karena kamu berada di tempat umum, dimana banyak orang berkumpul.
 

3. Mengabarkan keluarga dan teman

Beberapa orang mungkin berlibur untuk menghindari keluarga atau teman, tetapi usahakanlah untuk tetap mengabarkan beberapa teman atau keluarga untuk alasan keamanan. Dengan begitu, jika ada kejadian yang tidak diinginkan selama perjalanan, maka kamu akan mudah untuk memberitahu keluarga atau teman.
 

4. Menyimpan barang berharga di tempat aman

Ketika pergi mudik, jangan lupa untuk menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman seperti brankas atau tempat tersembunyi. Atau bisa menyimpan di tempat yang menurut pencuri tidak akan ada barang-barang berharga seperti lemari pakaian dalam, atau kotak P3K.
 

5. Jangan menyimpan kunci cadangan sembarangan

Jangan menyimpan kunci cadangan di sembarang tempat. Simpan seluruh kunci yang kamu simpan di bawah keset, pot rumput, atau rak sepatu untuk mencegah pencuri masuk ke dalam rumah ketika kamu sedang melakukan perjalanan mudik. Sumber: Medcom.id/Gaya (FIR)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif