Menanti Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM Berat

Menanti Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM Berat

Grafis Pelanggaran HAM
18 Desember 2021 06:47
PADA 10 Desember 2021 yang merupakan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, kasus-kasus pelanggaran HAM berat di Indonesia menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, hingga saat ini terdapat 13 kasus pelanggaran HAM berat yang penanganannya masih belum menemukan titik terang. 

Penyelesaian kasus-kasus tersebut hingga saat ini dinilai masih belum membuahkan hasil yang maksimal dan terus menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dari masa ke masa.

Salah satu kasus yang tengah mendapat sorotan ialah kasus Paniai di Papua pada 2014. Saat ini, kasus tersebut telah memasuki babak baru dengan dibentuknya tim penyidik yang beranggotakan 22 orang jaksa senior. 

Sebelumnya, pengusutan kasus Paniai sempat tersendat lantaran berkas penanganan perkara tersebut terus bolak-balik dari Komnas HAM selaku penyelidik dan Kejaksaan Agung selaku penyidik.

Selain kasus Paniai, sebenarnya masih banyak kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Bumi Cenderawasih. Berdasarkan laporan Amnesty International, terdapat 69 kasus pembunuhan di luar hukum yang telah merenggut nyawa 95 orang. Dari 69 kasus, 25 di antaranya bahkan tidak mendapat penyelesaian hukum yang jelas. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif